Kelas dan Platform Edukasi Online Paling Menarik di Indonesia

Jakarta 09 Januari 2020

Halo Hobiers, selamat tahun baru 2020, selamat masuk kerja bagi yang kerja, selamat kembali ke kelas bagi yang masih sekolah. Artikel ini merupakan artikel pertama KelasHobi di tahun 2020. Tahun baru biasanya selalu membawa semangat dan optimisme baru bagi kita. Namun sayangnya 2020 malah diawali dengan banyak kabar yang lumayan bikin kaget. Banjir di beberapa wilayah Indonesia, kebakaran hutan di Australia, hingga ancaman perang antara Iran dan Amerika Serikat. Namun KelasHobi tidak akan membahas itu semua, kami bukan portal berita. Kami tetap ingin mengawali awal tahun 2020 ini dengan semangat. Semangat belajar. Semangat mendidik. Semangat untuk membuat diri kita dan orang-orang di sekitar kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Foto oleh Christoper Gower

Dan untuk semangat itu, pada artikel kali ini, KelasHobi ingin membahas mengenai beberapa website, platform, atau startup Indonesia yang bergerak di bidang edukasi. Jujur saja, belajar sesuatu yang baru itu susah. Apalagi kalau belajarnya bukan pakai bahasa Indonesia, pakai bahasa Inggris contohnya. Semakin pusing. Nah makanya, KelasHobi sangat bersyukur bahwa masih banyak founder startup yang bersedia bersusah payah mewujudkan ide dan cita-cita mereka untuk turut mencerdaskan bangsa. Tapi disclaimer dulu ya, KelasHobi belum berkesempatan nih untuk menjajal satu persatu, nah kalau kalian punya pengalaman dengan startup dibawah ini, hubungi kami ya via instagram dan ceritakan pengalaman kamu. Yuk kita mulai.

Ruangguru

Saat ini Ruangguru merupakan platform edukasi lokal terbesar di Indonesia. Keren banget ya. Ruangguru merupakan marketplace yang berusaha mempertemukan pengajar dengan muridnya. Percaya deh, sampai di ujung Indonesia, semua orang sudah bisa online. Kalau kamu, kita, bisa online untuk main sosmed, pasti bisa juga untuk belajar. Dan hal tersebut yang mendasari lahirnya Ruangguru. Saat ini ada banyak produk dan jasa yang bisa kamu dapatkan dari Ruangguru. Ruangguru menyediakan video belajar, tryout online untuk kamu yang sedang bersiap-siap ujian, database guru privat untuk banyak subjek yang ingin kamu pelajari, dan juga menyediakan chat online untuk kamu yang ingin berinteraksi langsung dengan guru. Ya, semudah itu, semuanya serasa di ujung jari.

Sayangnya, sejauh yang KelasHobi lihat, aplikasi ini lebih cocok untuk pelajar. Jadi belum ada materi untuk pendidikan informal seperti kalau kamu ingin belajar menjahit atau melukis dengan cat air. Selain itu, aplikasi ini berbayar alias tidak gratis. Untuk paket bimbel online, kamu harus membayar mulai dari IDR 250,000 per bulannya. Sedangkan untuk kelas online sistem pembayarannya menggunakan koin yang dapat kamu beli di aplikasinya. Jika kamu tertarik, kamu bisa download aplikasinya di Google Playstore atau Apple Appstore.

Zenius Education

To spark the love of learning, in everyone, everywhere, to question everything”. Itu kutipan yang KelasHobi dapat saat membuka laman Zenius, yang konon menjadi misi dari Zenius. Zenius sendiri merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai video edukasi untuk pelajaran sekolah, mulai dari pelajaran SD hingga SMA dan persiapan UTBK. Nah KelasHobi sudah menjajal beberapa video pelajaran yang mereka tawarkan, review jujur keseluruhannya adalah bagus sekali (honest review). KelasHobi sampai berandai-andai kalau Zenius sudah ada sejak dulu, mungkin nilai ujian KelasHobi bisa banyak yang lebih bagus. Kabar gembiranya, video ini dapat ditonton secara gratis (walaupun dengan jumlah terbatas), asal kamu daftar dan verifikasi nomor hp. Tapi kalau kamu mau bisa bebas menonton semua video dan menjelajahi semua fitur yang dimiliki oleh Zenius secara lengkap, kamu harus membayar biaya membership sebesar IDR 313,000 per bulan. Aplikasi Zenius dapat didownload di Google Playstore atau Apple Appstore.

Bahaso

Bahaso adalah sebuah platform edukasi yang fokus pada materi belajar bahasa asing. Nah sejauh yang KelasHobi pantau dari websitenya, Bahaso menawarkan dua pelajaran bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Mandarin. Menguasai bahasa asing adalah salah satu kemampuan yang dicari di dunia kerja. Sepertinya hampir semua lowongan kerja bergengsi pasti meminta kita untuk mahir berbahasa asing, biasanya bahasa Inggris. Yang paling asik dari les bahasa online adalah kamu bisa mendapatkan dasar pelajaran yang sama dengan kursus offline, tapi dengan biaya yang lebih murah. Hemat ongkos, hemat jajan, jadwalnya fleksibel dan biayanya juga tidak terlalu mahal. Kekurangannya, karena saking fleksibel, justru malah membutuhkan disiplin super tinggi dan karena kelasnya online jadi agak kurang interaksi dengan pengajar yang mana sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan berbicara. Untuk bisa belajar bahasa hingga tuntas di setiap tingkatan di Bahaso, kamu harus membeli koin dan menggunakan koin untuk membuka materi belajar. Tampilan dan maskot Bahaso yang lucu membuat suasana menjadi lebih santai.

IndonesiaX

Kalau yang ini gratis. Benar-benar gratis. IndonesiaX merupakan platform edukasi online yang menyediakan kursus-kursus berkualitas yang dibawakan oleh instruktur yang sangat berpengalaman dibidangnya. Untuk kategori materi kursus yang disediakan oleh IndonesiaX ini bukan pelajaran sekolah, melainkan materi yang lebih luas. Kategori yang ada di IndonesiaX diantaranya adalah ekonomi, teknik, kesehatan, bisnis, teknik komputer, lingkungan, hukum, dan lainnya. Sejujurnya jika melihat judul kursusnya, sepertinya materi yang diajarkan ini akan sulit. Tapi setelah memulai kursus, ternyata tidak sesulit itu, walaupun beberapa materi membutuhkan peserta untuk memiliki sedikit dasar terlebih dahulu. Nah keunggulan dari IndonesiaX adalah jika kamu menyelesaikan kursusnya, kamu bisa mendapatkan sertifikat. Tapi, untuk mendapatkan sertifikat ini, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar IDR 250,000. Follow mereka di @indonesiax_news dan kamu juga bisa berdonasi disini.

Nah itu adalah beberapa platform edukasi yang KelasHobi bahas pada artikel kali ini. Untuk kelas belajar keterampilan online, seperti belajar melukis dan sebagainya, KelasHobi belum dapat menemukan yang versi lokal. Kalau versi internasionalnya sudah ada nih beberapa. Hmm, kalau kamu lagi mau belajar apa sekarang?

Kontributor: Jennifer

Instagram Teaser: Stephanie

Featured Image: Sincerely Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: