#Review KelasHobi: Kombinasi Cantik Si Bunga Kertas dan Cat Air

Jakarta, 19 Desember 2019

Yang tercantik untuk yang terkasih. Menjelang Hari Ibu yang akan jatuh di 22 Desember 2019 ini, ada banyak sekali inspirasi hadiah dan kartu ucapan yang bisa kita berikan kepada Ibu. Dan mata KelasHobi tertuju pada workshop 3D Greeting Card: Watercolor & Paper Flower Making yang diadakan oleh Foyya Studio dan Paperukka pada tanggal 15 Desember 2019 kemarin. Workshop yang satu ini memadukan teknik goresan cat air dengan bunga-bunga kertas yang cantik dalam membuat kartu ucapan. Dan di sini kita diajarkan membuat semuanya sendiri. Jadi selesai workshop, kita bisa bawa pulang kartu ucapan cantik hasil buatan sendiri yang tentunya tidak ada duanya. Yuk simak.

Siapa, Dimana, Kapan

Workshop serba cantik ini diadakan oleh Foyya berkolaborasi dengan Paperukka di Moselo HQ (kantornya Moselo) di area Jakarta Selatan. Untuk kelasnya sendiri dijadwalkan berdurasi sekitar 3 jam dari pukul 10.00 hingga 13.00, namun masing-masing peserta tetap diberikan waktu tambahan hingga 1 jam untuk menyelesaikan kartu ucapan. Dan karena membutuhkan 2 teknik sekaligus, workshop dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama, belajar teknik dasar cat air, diajarkan oleh Kak Faia dari Foyya dan dilanjutkan dengan sesi kedua, membuat bunga kertas yang diajarkan oleh Kak Halida dari Paperukka. Untuk mengikuti kelas ini, peserta harus registrasi via aplikasi Moselo, jadi sistemnya rapi dan canggih. Dan asyiknya, banyak promo.

Harga Workshop & Apa Saja yang Didapat

Untuk harga workshop kemarin, peserta dikenakan biaya IDR 375.000 per orang. Dengan harga itu, peserta bisa mempelajari 2 keterampilan sekaligus, yang menjadikan workshop ini super spesial. Semua materi dan bahan sudah disiapkan dan termasuk dalam harga workshop. Selain itu, peserta juga akan dibekali dengan kartu panduan dan beberapa bahan tambahan agar peserta dapat mencoba membuat sendiri di rumah. Karena workshop diadakan di kantor Moselo, tidak ada orang selain peserta dan tim pengajar yang lalu lalang, sehingga peserta dapat lebih fokus dan situasi belajar juga menjadi lebih kondusif. Workshop kemarin diikuti oleh 7 peserta dan dapat diikuti oleh semua orang. Jadi jika peserta belum pernah membuat bunga kertas, maupun belum bisa mennggambar mengunakan cat air, tetap bisa ikutan.

Workshop dimulai dengan pendataan dari tim Moselo dan perkenalan. Setelah itu, workshop dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi watercolor dan sesi paper flower. Sesi pertama dibuka oleh Kak Faia dengan sedikit teori mengenai semua bahan dan alat-alat yang akan digunakan, setelah itu langsung mulai dengan mempelajari cara mencampur cat air dan memegang kuas yang benar. Untuk tema dan gambar bunga yang akan dikerjakan oleh peserta sudah disiapkan. Jadi peserta bisa langsung mencoba tanpa harus mencari inspirasi. Nah si teknik mewarnai dengan cat air ini nantinya bisa diaplikasikan juga saat mewarnai kertas krep yang merupakan bahan membuat bunga kertas.

Sesi kedua dibawakan oleh Kak Halida dari Paperukka. Nah setelah kartu ucapan yang sudah digambar oleh peserta tadi selesai, lanjut ke membuat ornamen 3D nya, yaitu bunga dan daun kecil dari kertas. Kertas yang digunakan sebenarnya adalah kertas krep berwarna putih. Pertama-tama kertas tersebut diberikan warna dulu menggunakan cat air, namun untuk keperluan workshop, sudah diberi warna oleh Paperukka. Itu sebabnya warna pada bunga dan daunnya sangat halus. Setelah diberi warna, kertas dipotong-potong sesuai dengan pola kelopak masing-masing jenis bunga. Peserta diajarkan sekitar 1 jenis daun dan 2 jenis bunga yang berbeda yaitu bunga mawar dan anemon. Nah di sesi ini, peserta akan banyak menggunakan kawat dan pemotong kawat, jadi harus hati-hati.

Banyak tips dan trik yang dibagikan. Jadi beda banget ya rasanya belajar sendiri dan belajar dengan ahlinya. Selain membawa pulang ilmu, peserta akan membawa pulang beberapa bahan, peralatan dan materi workshop dalam bentuk kertas instruksi. Untuk barang-barang yang dibawa pulang, tim workshop sudah menyiapkan paper bag dan kemasan yang menarik. Tim Moselo juga membagikan 2 voucher belanja senilai IDR 25.000 kepada masing-masing peserta yang bisa langsung dipakai bertransaksi di Moselo app. Sejujurnya, ini adalah salah satu workshop paling worth it yang kami ikuti. KelasHobi sangat menyukai kartu panduan yang diberikan pengajar karena sangat membantu dan benar-benar tidak pelit ilmu.

Kata Pengajarnya

Kak Faia

Kak Faia dari Foyya memang sudah hobi menggambar sejak kecil dan merupakan lulusan dari Fakultas Desain salan satu universitas ternama di Bandung. Jadi memang jiwa seninya sudah menjadi passion hidup. Foyya sendiri mulai terbentuk di tahun 2017 yang artinya sudah sekitar 2 tahun berkecimpung di bidang watercolor. Hasil karya dari Foyya dapat kamu lihat di instagram mereka @foyya. Bagi Kak Faia, siapapun bisa belajar melukis dengan cat air. Walaupun awalnya gugup, asal peserta fokus dengan langkah-langkah yang diberikan oleh Kak Faia, pasti bisa. Untuk belajar di kelas yang lebih advance, Foyya dapat memberikan kelas privat, tapi kalau kamu mau coba-coba dulu, bisa mengikuti jadwal workshop mereka selanjutnya di tanggal 11 Januari 2020.

Kak Halida

Kak Halida dari Paperukka ini aslinya lulusan Fakultas Teknik. Makanya hasil karya Kak Halida ini detail banget. Teliti sekali dan sangat rapi. Kak Halida mulai menekuni bunga kertas di 2 tahun terakhir ini. Dan seperti yang bisa kamu lihat di instagramnya @paperukka, bunga kertas buatan Kak Halida sangat detail dan cantik. Ini karena kertas krep yang digunakan oleh Paperukka adalah kertas krep berkualitas tinggi, contohnya yang digunakan saat workshop ini berasal dari Jerman. Asiknya lagi, kamu juga bisa membuat bunga yang sama. Langsung coba ikut workshopnya dan bulan depan akan ada workshop lagi, yaitu tepatnya di tanggal 12 Januari 2020.

Nah review ini merupakan review KelasHobi yang terakhir di 2019. Jangan lupa ikuti terus kami di instagram dan website karena kami akan terus memberikan update mengenai kelas dan hobi menarik.

Kontributor: Jennifer

Stok Foto: Febby

Teaser Instagram: Stephanie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: