#Review KelasHobi: Membuat Card Holder Kulit Kekinian Bareng Atelierkr.co

Jakarta, 30 Januari 2020

Dompet dari bahan kulit itu identik dengan barang mahal. Produk high end yang pasti selain bagus kualitasnya, harganya juga selangit, apalagi kalau handmade. Kenapa mahal? Tentu karena bahannya tidak seperti kulit sintesis, kulit asli biasanya lebih awet. Apalagi buatan Atelierkr.co yang semuanya dibuat manual dengan tenaga manusia, bukan dikerjakan oleh mesin. Tapi bahan yang bagus baru akan menjadi produk yang keren kalau kita paham cara mengolahnya. Nah kali ini, Moselo bersama dengan Atelier.kr mengadakan workshop mengenai bagaimana cara membuat dompet minimalis alias card holder dari kulit dengan menggunakan teknik pewarnaan manual. Yuk simak agar kamu tahu apa saja yang dipelajari dan tidak ketinggalan saat ada workshop selanjutnya dari Atelierkr.co.

Siapa, Kapan, Dimana

Workshop ini diadakan oleh Moselo bekerjasama dengan Atelierkr.co Moselo lagi? Yes, karena Moselo adalah aplikasi ecommerce untuk produk kerajinan tangan yang paling hits saat ini. Untuk mengikuti workshop ini, peserta harus mendaftar melalui aplikasi Moselo. Sedangkan Atelierkr.co adalah salah satu expert yang terdaftar di Moselo juga. Jadi kalau kamu ingin membeli produk yang dijual oleh Atelierkr.co, kamu bisa langsung pesan di Moselo. Balik lagi ke workshopnya, workshop kali ini diadakan di Kantor Pusat Moselo di area Kebayoran Baru, Jakarta pada tanggal 18 Januari 2020.

Harga Workshop & Apa Saja yang Didapat

Berapa harga investasi workshop kali ini? Untuk dapat mengikuti workshop ini, peserta hanya perlu membayar IDR 290.000. Harganya tergolong murah mengingat peserta akan mendapatkan hasil akhirnya berupa dompet cardholder dari bahan kulit dan merupakan buatan sendiri. Selain itu, peserta akan mendapatkan materi belajar yang lengkap. Mulai dari pengenalan bahan hingga teknik pemotongan, pewarnaan, hingga penjahitannya. Durasi workshop sekitar 5 jam, dari pukul 10 pagi hingga 3 sore, sehingga peserta memiliki waktu yang cukup untuk memahami bagaimana proses pembuatan dompet dari awal hingga akhir. Semua bahan dan peralatan sudah disediakan. Khusus untuk peralatan, peserta hanya dipinjamkan, karena peralatan yang dibutuhkan sangat banyak.

Peserta diajarkan langsung oleh Kak Malik yang merupakan pemilik dari Atelierkr.co Workshop dimulai sekitar pukul 10.15 karena menunggu beberapa peserta yang terlambat akibat hujan lebat di sekitar tempat workshop. Total peserta yang mengikuti workshop kali ini adalah 10 peserta, jadi semua kursi yang tersedia terisi penuh. Selain menjelaskan secara langsung, Kak Malik juga menampilkan video tutorial pembuatan dompet dan presentasi mengenai materi workshop. Jadi super jelas dan terstruktur. Pertama-tama workshop dibuka dengan pengenalan jenis-jenis bahan kulit dan alat-alat yang akan digunakan. Lalu dilanjutkan dengan memotong bahan yang sudah disediakan. Pada tahap ini dan tahap selanjutnya, Kak Malik dibantu oleh kak Rizky untuk mengawasi masing-masing peserta karena memang cukup sulit dan berbahaya.

Selanjutnya peserta akan diajarkan bagaimana cara mewarnai kulit yang sudah dipotong. Kak Malik menyediakan 3 warna yang bisa digunakan sehingga peserta dapat memilih warna sendiri. Kemudian untuk menyatukan seluruh bagian dari cardholder ini, peserta akan diajarkan merapihkan potongan dan membuat lubang jahit. Jadi cara menjahit dompet dari kulit itu berbeda dengan teknik menjahit kain, walaupun sama-sama menggunakan jarum dan benang. Walaupun workshop kali ini tergolong sulit, tetapi seluruh peserta dapat menyelesaikan produk masing-masing dengan tepat waktu.

Kata Pengajarnya

Proses pengerjaan dompet dari bahan kulit ini membutuhkan ketelitian, kehati-hatian, dan kesabaran. Bahkan Kak Malik dan tim Moselo sudah menyediakan kotak P3K untuk jaga-jaga kalau ada peserta yang terluka saat menggunakan jarum, gunting, dan alat pemotong. Jadi kalau kamu mau mencoba, memang paling baik dengan mengikuti workshop, agar aman, cepat bisa dan hasilnya juga memuaskan. Kak Malik sudah mulai belajar membuat produk dari kulit dari tahun 2015 dan sudah mulai produksi dari sekitar tahun 2016. Hingga saat ini produk buatan Kak Malik sudah banyak model dan jenisnya, dan bisa dilihat di instagram mereka @atelierkr.co. Bagi Kak Malik, proses yang paling penting itu adalah proses finishing. Karena finishing ini yang menentukan hasil akhirnya. Kalau kamu tertarik untuk belajar privat dengan Kak Malik, langsung klik link pada bio instagram @atelierkr.co ya.

Penulis: Jennifer

Design & Foto: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: