#Review KelasHobi: Workshop Anting Handmade by Yuta.co & Konstelar Workshop

Kreasi handmade alias buatan tangan memang memiliki kesan tersendiri. Banyak orang yang menyukai barang-barang handmade karena unik, berbeda, dan memiliki ikatan personal. Kali ini KelasHobi berkesempatan untuk belajar bagaimana cara membuat anting sendiri. Menyenangkan rasanya jika kita dapat membuat sendiri barang yang kita inginkan. Apalagi jika kemudian kita dapat membuat produk yang bisa kita berikan kepada orang lain atau bahkan dijual. Yuk simak ulasan workshopnya.

Terlepas dari suramnya kondisi Indonesia saat ini, dengan virus COVID-19 mengintai di mana-mana, KelasHobi sangat bersemangat untuk mengikuti workshop ini. Workshop diadakan oleh Konstelar Workshop dengan Yuta.co sebagai pengajarnya. Kak Yunita dari Yuta.co merupakan lulusan dari jurusan Product Design di Universitas Pelita Harapan. Jadi memang Kak Yunita sangat mendalami materi workshop hari ini. Workshop diadakan pada tanggal 21 Maret 2020 di Upstairs Coffee Sunter. Durasi workshop sekitar 2 jam. Biaya workshop kali ini adalah IDr 300.000 per peserta dan sudah termasuk bahan untuk membuat 3 jenis anting. Karena kondisi Jakarta saat ini, workshop diadakan dengan cara yang sedikit berbeda. Baik peserta maupun tim pengajar, semuanya menggunakan masker dan hand sanitizer selama workshop berjalan. KelasHobi sangat mengapresiasi persiapan dari tim pengajar untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman selama workshop.

Workshop dimulai dengan perkenalan singkat mengenai nama dari masing-masing bahan dan alat. Materi workshop sudah disiapkan dengan rapih dalam bentuk notes mini. Bahan yang digunakan untuk workshop ini sudah dikemas rapih sesuai dengan produk yang akan dibuat. Untuk workshop hari ini, peserta akan membuat 3 pasang anting, masing-masing dengan tingkat kesulitan dan teknik yang berbeda. Peserta langsung diajarkan tahap demi tahap bagaimana merangkai anting dari awal hingga akhir. Untuk mengikuti workshop ini, tidak ada syarat keahlian atau keterampilan apapun karena peserta akan diajarkan dari dasar sekali. Setelah berhasil membuat satu pasang anting, cukup mudah untuk membuat anting-anting selanjutnya.

Semua peserta berhasil menyelesaikan pembuatan 3 pasang anting tepat waktu. Bahkan masih tersisa setengah jam dari waktu yang dijadwalkan. Waktu yang tersisa digunakan untuk sharing dan belajar bagaimana cara mendesain anting yang cantik. Menurut KelasHobi, keterampilan ini salah satu yang paling mudah untuk dipelajari. Bahan dan alatnya juga tidak banyak. Cukup satu kali workshop, peserta sudah dapat membuat berbagai kreasi anting. Kak Yunita juga menyediakan takeaway kit yang bisa peserta beli untuk latihan di rumah.

Praktis banget. Selain workshop tatap muka, workshop ini juga cocok dilakukan online, karena materi serta bahannya ringkas dan mudah didapat. Kalau kamu berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai anting Kak Yunita, kamu bisa langsung follow @yuta.co di Instagram. Jangan lupa follow juga Konstelar Workshop di @konstelar.workshop dan segera daftar untuk kelas-kelas selanjutnya. Sampai ketemu di artikel berikutnya ya. Stay safe, stay healthy ya teman.

Penulis: Jennifer

Foto: Stephanie Surianto & Mia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: