#Review KelasHobi: Workshop Fotografi Pranikah by Kelas Pagi Jkt

Pernikahan adalah salah satu momen utama dalam hidup seseorang. Namun momen indah tersebut biasanya memerlukan persiapan yang panjang. Tujuannya tak lain untuk menciptakan kenangan sempurna akan hari pernikahan yang sakral, dimana dua insan menjadi satu. Salah satu hal yang biasanya disiapkan sebelum hari pernikahan tiba adalah foto pranikah atau pre-wedding. Foto pranikah biasa digunakan sebagai lambang dari perjalanan cinta kedua mempelai. Selain itu, foto pranikah juga bisa menceritakan karakteristik pribadi masing-masing mempelai. Yang terutama, foto pranikah dapat menciptakan ikatan memori dari pernikahan itu sendiri.

Untuk menciptakan foto pranikah yang cantik, diperlukan banyak pengetahuan dan persiapan, serta keahlian foto yang baik. Fotografer harus dapat menangkap momen indah, semangat, emosi, serta karakteristik dari masing-masing mempelai. Selain itu, foto yang dihasilkan juga harus cantik dan berkesan. Fotografer harus jeli menyeimbangkan antara foto yang berkualitas dengan selera pribadi mempelai. Jangan sampai fotonya bagus menurut fotografer, namun kurang memuaskan di mata mempelai.

Nah, karena keahlian ini tidak sembarangan bisa dikuasai oleh seorang fotografer, salah satu tim KelasHobi berinisiatif untuk mengikuti kelas fotografi pranikah yang diadakan oleh Kelas Pagi Jkt dengan pengajar Daniel Aditya (@danieladitymn) founder dari @Luxiophoto pada hari Sabtu, 7 Maret 2020 dari pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Workshop diadakan di Studio Kelas Pagi Jkt yang berlokasi di FOTKOP Third Eye Space, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Jumlah peserta yang hadir lumayan ramai, sekitar 15 hingga 20 peserta. Biaya workshop sebesar IDR 350.000 dan sudah termasuk minuman serta snack. Yang lumayan seru dari workshop kali ini adalah fasilitas serta agendanya, peralatan fotografi dan pencahayaan disediakan di studio, sekalian dengan modelnya. Jadi peserta dapat melatih tips dan triks yang diberikan oleh kak Daniel. Masing-masing peserta harus membawa kamera sendiri karena akan lebih mudah untuk berlatih di kemudian hari.

Workshop dibagi ke dalam dua sesi. Sesi yang pertama adalah sesi knowledge sharing atau tanya jawab antara peserta dengan Kak Daniel. Kak Daniel mulai dengan perkenalan singkat, tidak banyak basa-basi, Kak Daniel langsung mulai masuk ke materi fotografi pranikah. Sesi ini berlangsung selama dua jam dan lumayan asik, tidak kaku. Kak Daniel menjelaskan tentang bagaimana iklim usaha prewedding, bagaimana bertahan di industri ini, pengembangan ide dan visual foto, tips bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dengan klien, hingga bagaimana peserta dapat meminimalisir kesalahan. Salah satu poin penting di sesi ini adalah bagaimana cara pemain baru untuk masuk ke dalam industri prewedding. Seringnya pemain baru kesulitan untuk memulai dari awal.

Sesi kedua merupakan sesi praktek. Setelah Kak Daniel membagikan berbagai tips dan ilmu, peserta dapat langsung praktek. Peserta langsung dihadapkan dengan properti foto dan sepasang model yang bersikap sebagai pasangan yang akan menikah. Di sesi ini, peserta diajarkan mengenai bagaimana cara mengarahkan mood klien dengan sopan. Peserta juga diarahkan untuk membangun portofolio yang kuat sebelum benar-benar mencari klien. Sesi praktek lumayan menguras tenaga dan pikiran, karena masing-masing peserta menjadi sangat fokus dengan kamera dan set. Dari sesi ini, banyak trik praktis yang didapatkan.

Selain portofolio, peserta juga dibekali pengetahuan mengenai marketing, perhitungan anggaran, hingga bagaimana menentukan harga. Secara keseluruhan, workshop berjalan menyenangkan dan edukatif. Banyak hal yang lebih mudah dipelajari dan dimengerti dengan datang ke workshop ini. Baik Kak Daniel maupun tim Kelas Pagi Jkt sangat komunikatif dan ramah. Persiapan workshop dari awal hingga akhir juga baik. Jika kamu ingin mengetahui kapan workshop fotografi selanjutnya, kamu bisa cek instagram Kelas Pagi Jkt @kelaspagijkt dan Kak Daniel di @danieladitymn atau @Luxiophoto. Sedikit tips dari KelasHobi, kamu juga bisa mencari banyak informasi mengenai fotografi di aplikasi CHEERS yang bisa kamu download di Playstore. Sampai ketemu di review selanjutnya.

Foto: Jackson Surianto

Feed Instagram: Stephanie Surianto

Penulis: Jennifer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: