#Review KelasHobi: Workout Online by Lexafit & Gaku Kelas

Tetap menjalankan pola hidup sehat dan aktif bergerak itu penting bagi tubuh. Jangan biarkan gerakan #dirumahaja membuat kita menjadi jarang bergerak. Padahal olahraga itu penting untuk metabolisme tubuh kita dan bisa melancarkan peredaran darah. Kali ini KelasHobi ikutan di kelas olahraga online yang mengambil banyak gerakan dari seni beladiri Muay Thai. Kita bahas sedikit ya mengenai Muay Thai.

Muay Thai atau disebut juga dengan Thai Boxing, adalah cabang olahraga seni bela diri keras asal Thailand. Dilansir dari laman wikipedia, Muay Thai ternyata merupakan olahraga nasional Kerajaan Thai dan keturunan dari seni bela diri kuno disana yaitu Muay Boran. Muay Thai merupakan seni bela diri dengan tangan kosong, jadi tidak menggunakan senjata. Muay Thai berfokus pada teknik pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut. Teknik yang digunakan mirip dengan Kickboxing. Yang paling ditunggu tentu informasi mengenai pembakaran kalorinya. Kabar gembira untuk kamu yang sedang mencari cara untuk membentuk otot dan menurunkan berat badan, 1 sesi Muay Thai dapat membakar hingga 1000 kalori. Selain itu, berlatih Muay Thai secara disiplin juga dapat membentuk otot dan membuat badan terasa bugar.

Sebelum belajar teknik Muay Thai, kita kenalan dulu dengan beberapa istilahnya:

Sumber: Wikipedia

Olahraga ini sebenarnya sudah memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Studio Muay Thai juga lumayan mudah ditemukan. Namun karena adanya PSBB dan untuk menjaga kesehatan kita semua, Kak Alexandra Kartika (Tika) dari Warriors Fight memindahkan sesi olahraganya dari kelas offline menjadi online. Kelas olahraga online Kak Tika sudah berlangsung selama kurang lebih hampir 2 bulan hingga saat ini. Kelas dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi ZOOM dan whatsapp. Jadi untuk komunikasi umum menggunakan whatsapp grup, namun untuk prakteknya menggunakan ZOOM sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Kak Tika. Untuk bisa join kelas ini, kamu cukup follow @gaku.kelas dan @alexandrakartika serta DM atau WA mereka. Jangan lupa follow @kelashobi juga ya. Kelas dilakukan seminggu sekali dengan durasi 40-60 menit.

Pertama kelas akan dimulai dengan pemanasan, setelah pemanasan baru masuk ke gerakan intinya. Setelah itu cooling down. Untuk gerakan inti total ada sekitar 16 hingga 20 set gerakan yang dilakukan. Bagaimana rasanya ikut kelas olahraga online? Seru banget. Gini, kalau kita latihan hanya menggunakan video dari Youtube atau platform online lainnya, kita hanya berlatih 1 arah. Tidak ada komunikasi 2 arah. Selain itu, walaupun kelas video itu fleksibel, namun saking fleksibelnya biasa malah jadi kurang disiplin. Sedangkan jika kita ikut kelas dengan Kak Tika, peserta dapat lebih disiplin karena memiliki jadwal yang jelas, kita juga bisa berkomunikasi dengan peserta lain, dan bisa saling menyemangati.

Apa saja yang perlu kamu siapkan untuk mengikuti kelas ini? Kamu bisa menyiapkan handuk, air minum, pakaian yang nyaman, matras, beban seperti dumbell, dan aplikasi Zoom. Sedikit tips, karena kita harus mengikuti gerakan dari pengajar, jauh lebih nyaman menggunakan Zoom pada PC atau laptop dibandingkan dengan smartphone. Jangan lupa makan dulu 1-2 jam sebelum mulai berolahraga dan pastikan untuk tidak memaksakan gerakan yang sulit jika belum terbiasa. Jangan lupa untuk update di IG story masing-masing ya.

Gimana? Sudah lebih semangat sekarang? Jangan tunda lagi ayo bergerak agar tubuh semakin sehat.

Penulis: Jennifer

Featured Image: Mattheus Ferrero

Image Credit: Jagoda Kondriatuk, Cyril Saulnier, Siora Photography, Kate Joie

Instagram Teaser: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: