#Review KelasHobi: Portrait Watercolor Class with Adriel Arizon

Watercolor portrait itu punya banyak constraint, dan learning curvenya steep. But once you’ve done, tarik napas, bangun dari kursi, the euphoria is real.

Adriel Arizon

Cat air adalah salah satu medium yang sangat populer dalam seni lukis. Cat air biasa juga disebut dengan nama aquarel. Hasil akhir dari cat air biasa bersifat transparan. Sesuai dengan namanya, cat air dicairkan menggunakan air dan biasanya dilukis di atas kertas. Melukis cat air menjadi hobi yang banyak digemari karena alat dan bahannya mudah didapat. Selain itu, teknik dasarnya juga relatif mudah dipelajari. Namun, setelah mempelajari teknik dasar, pengembangan teknik melukis dengan cat air sangat luas. Ada banyak yang dapat dipelajari dan banyak gaya lukis yang dapat dibuat dengan medium ini.

Salah satu pengembangan teknik melukis dengan cat air yang bisa dipelajari adalah melukis portrait atau melukis wajah. Melukis wajah dengan cat air menggabungkan teknik menggambar sketsa dan melukis sekaligus. Teknik ini sangat menantang, namun hasilnya juga sangat cantik dan realistis. Kali ini KelasHobi berkesempatan untuk mempelajari teknik melukis wajah menggunakan cat air secara online di kelas melukis yang diadakan oleh Adriel Arizon. Kak Adriel merupakan seorang praktisi desain yang sudah banyak membuat karya-karya lukis dengan menggunakan cat air. Untuk melihat portofolio karyanya, kamu bisa follow Instagramnya di @adrielarizon.

Adriel Arizon

Kelas melukis ini menggunakan Zoom, video dan slide materi sebagai platform belajarnya. Untuk durasinya sangat panjang yaitu 2 minggu agar para peserta dapat belajar dan berkreasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Walaupun teknik melukis wajah dengan cat air ini cukup sulit, namun sebenarnya materinya dapat diikuti oleh semua peserta. Akan lebih baik jika sudah memiliki teknik dasar membuat sketsa, namun jika belum terlalu bisa membuat sketsa, dapat membuat menggunakan teknik menyalin atau duplikat gambar. Sedangkan untuk teknik melukisnya dapat dipelajari dari awal.

Sebelum mengikuti kelas ini, peserta harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu 1 set kuas car air yang terdiri dari mop brush dan round brush, 1 set cat air (pigment), palet untuk mencampur cat, kertas lukis cat air, tissue, pensil untuk menggambar sketsa, dan wadah air. Semua materi diberikan dalam folder Google Drive yang dapat diakses oleh peserta. Untuk diskusi jadwal review dan diskusi umum lainnya, Kak Adriel menggunakan grup whatsapp, sedangkan untuk review gambar dan diskusi teknik belajar menggunakan aplikasi Zoom. Selama 2 minggu belajar, peserta diberikan kesempatan review hasil lukis sebanyak 4x dengan jadwal yang sudah disepakati bersama. Untuk tahapan tugas yang diberikan, dibagi dalam 2 bagian.

Bagian pertama adalah dasar melukis dengan cat air. Disini peserta dapat mempelajari materi yang sudah disiapkan, berupa video tutorial dan materi slide. Fokus dari bagian pertama adalah melukis bagian-bagian wajah secara terpisah. Untuk itu, peserta harus mempelajari beberapa teknik sapuan (wash) dasar dalam melukis cat air, seperti sapuan rata (flat wash) dan sapuan gradasi (graded wash) . Total ada 6 jenis sapuan cat air yang dipelajari. Setelah peserta merasa cukup mahir dan luwes dalam menggunakan kuas, peserta dapat melanjutkan proses belajar dengan mempelajari bagaimana cara mencampur warna cat. Tugas akhir dari sesi ini adalah melukis mata, hidung dan bibir secara terpisah.

Bagian kedua adalah melukis wajah secara keseluruhan. Ini merupakan bagian akhir dari kelas. Jika sudah menyelesaikan tugas pertama, peserta dapat lanjut belajar dan mencoba untuk melukis wajah secara utuh. Namun peserta dapat memilih untuk melanjutkan ke bagian kedua atau tetap melanjutkan belajar di bagian pertama. Untuk tugas pada bagian kedua, peserta dapat membuat beberapa portrait sekaligus untuk direview. Butuh konsistensi dari peserta dalam belajar untuk sampai ke bagian ini dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bagaimana dengan proses reviewnya? Seru, kadang tegang juga rasanya saat hasil karya kita direview. Selain itu, peserta dapat ikut mendengarkan hasil review dan diskusi peserta lain sehingga semakin banyak ilmu yang dapat dipelajari. Yang cukup seru disini, Kak Adriel dapat mengenali kesalahan teknik lukis peserta hanya dengan melihat foto gambar. Selain itu, Kak Adriel mampu membimbing peserta agar dapat menemukan gaya lukisnya masing-masing. Proses review yang dibuat oleh Kak Adriel lebih berfokus kepada observasi, akurasi, dan interpretasi. Intinya Kak Adriel berusaha membimbing para peserta untuk belajar bagaimana kita secara efektif dapat membuat portrait realis tanpa menghilangkan karakter dari watercolor itu sendiri. Di kelas ini, Kak Adriel berusaha untuk menyeimbangkan aspek fun dari membuat sebuah karya seni dengan aspek teknis yang dipelajari. Jadi diskusinya sangat berbobot.

Di kelas ini KelasHobi cukup takjub dengan antusiasme peserta. Peserta berasal dari macam-macam latar belakang dan tempat, bahkan ada yang mengikuti kelas dari luar negeri. Untuk rentang usia juga beragam, dan hal tersebut membuktikan bahwa tidak ada yang terlalu tua maupun terlalu muda untuk belajar. Jika kamu berminat untuk join kelas selanjutnya, kamu bisa follow IG Kak Adriel di @adrielarizon, dan jangan sampai kelewatan ya karena jumlah pesertanya terbatas.

Penulis: Jennifer

Featured Image: Sarah Brown

Portrait Watercolor Peserta:

  • Bruno Mars by Putri Wijaya @pwjya
  • Daenerys Targaryen by Irena Adrea Isabella @rna.artwork
  • Samuel L. Jackson by @bunny_craftz

Teaser Instagram: Stephanie Surianto

One thought on “#Review KelasHobi: Portrait Watercolor Class with Adriel Arizon

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: