#Review KelasHobi: Belajar Menanam Benih Basil Online

To plant a garden is to believe in tomorrow.

Audrey Hepburn

Bukan benihnya ya yang online, tapi kelasnya. Bercocok tanam itu gampang, tapi yang namanya makhluk hidup tetap harus dirawat dan dijaga dengan benar. Berkebun bisa dilakukan dimana saja, baik di lahan sempit maupun di lahan yang luas. Bahkan di area apartemen sekalipun. Walaupun terkesan mudah dilakukan, banyak juga yang mengeluh mengenai beberapa kesulitan yang dihadapi saat bercocok tanam. Ada yang tanamannya sering mati, tidak berbuah, maupun gagal tumbuh. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya waktu untuk merawat tanaman. Mumpung saat ini kita sedang dihimbau untuk lebih sering berada dirumah, Kelas atau workshop online ini diadakan oleh Moseloapp berkolaborasi dengan Dreamhub.id dan Kopidantanaman sebagai pengajarnya.

Tanaman sangat penting bagi lingkungan. Selain dapat membuat udara menjadi lebih sejuk, banyak tanaman yang tidak hanya cantik dilihat, namun dapat dimanfaatkan juga. Misalnya dengan menanam tanaman rempah dan sayuran. Selain cantik dipandang, hasilnya juga bisa kamu manfaatkan. Mau bikin sambel tinggal petik rawit dari pohon cabe. Mau bikin pesto tinggal potek daun dari tanaman basil. Simple kan. Di kelas ini, kami diajari bagaimana caranya merawat tanaman dan menanam dari benih. Buat kamu yang biasanya sudah bisa merawat tanaman pot dan ingin belajar bagaimana caranya menanam dari benih, bisa follow @kopidantanaman untuk belajar lebih lanjut.

Nah ternyata susah-susah gampang topik belajar kali ini. Belajarnya gampang, prakteknya sukses atau tidak, butuh waktu untuk membuktikan. Kelas online ini menggunakan platform Google Hangout, namun sebelumnya, semua peserta dan tim pengajar dikumpulkan terlebih dahulu di grup whatsapp. Untuk teknis penggunaan Google Hangout sendiri tidak terlalu sulit, mirip dengan platform kelas online lainnya. Sebelum kelas dimulai, peserta akan diberikan sejumlah rules dan aturan main dalam kelas. Untuk ikut dalam kelas ini, peserta diberikan 2 buah opsi, pertama, peserta dapat mengikuti kelas tanpa membeli kit, dan yang kedua, peserta dapat membeli kit yang tersedia di Kopidantanaman. Untuk pembelian kit dan tiket workshop, peserta tinggal masuk ke aplikasi Moselo App. Kitnya terdiri dari benih basil, pot tanaman kecil, dan tanah atau wadah tanam. Selanjutnya peserta tinggal menyiapkan sekop mini, air, alas koran atau kertas bekas, dan sedikit tissue jika ada tanah yang tercecer. Jika tidak memiliki sekop mini, dapat menggunakan sendok plastik.

Kale & Basil Kit

Setelah semua peserta berkumpul di aplikasi hangout, tim dari Moselo dan Dreamhub.id mulai memperkenalan diri. Lalu kelas langsung dipandu oleh pengajar. Seperti di kelas-kelas sebelumnya, kita dijelaskan dulu sedikit teori mengenai bercocok tanam. Peserta juga berbagi pengalaman menanam dan seperti apa hambatan yang biasa muncul. Kita juga diberi kesempatan untuk menceritakan suasana tempat tinggal masing-masing agar pengajar dapat memahami kesulitan yang masing-masing peserta hadapi. Untuk apartemen, karena balkon dan ruang outdoornya biasa terbatas, pengajar memberikan tips untuk mencari area lain di dalam apartemen yang tetap masih kena cukup matahari, seperti tepi jendela. Selain itu ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan jika kita mau menanam, misalnya meletakan pot tanaman dekat dengan kipas outdoor AC karena tanaman bisa mati kepanasan.

Setelah itu, pengajar membimbing peserta untuk mulai menanam benih basil yang sudah tersedia dalam kit. Dimulai dari memasukan tanah, benih, dan kemudian disemprotkan sedikit air. Menanam dari benih tergolong lebih sulit. Karena dimasa ini, tanaman membutuhkan banyak perhatian, misalnya tanaman tidak boleh terlalu lama terjemur matahari, juga pemberian airnya harus pas. Selain itu, menanam dari benih, membutuhkan kesabaran, karena pertumbuhannya tidak langsung terlihat. Lumayan butuh waktu untuk sampai muncul daun. Berikut merupakan tanaman basil milik KelasHobi hingga hari ke 20.

Seru kan, hobi menanam tidak membutuhkan skill macam-macam. Cukup disiplin dan telaten saja dalam merawat tanamannya. Hasilnya juga bisa kita manfaatkan dan lumayan membuat pemandangan rumah jadi lebih cantik. Selain basil, Kelashobi juga menanam kale. Untuk DIY kit dan benih lain dari Kopidantanaman, kamu bisa cek di IG mereka atau langsung ke aplikasi Moselo. DIY kit ini dikemas rapih dan cantik jadi kamu bisa juga memberikannya sebagai hadiah untuk orang lain. Kalau kamu masih ragu untuk menanam dan ingin mencoba tanaman yang lebih tahan banting, kamu bisa coba membeli Lucky Bamboo atau tanaman sukulen. Dijamin awet.

Stay tune ya, masih banyak review workshop menarik yang akan diupload.

Penulis: Jennifer

Featured Image: Daniel Oberg

Credit Image: IG @kopidantanaman, Chris Liverani, Francisco Delgado

Instagram: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: