#Review KelasHobi: DIY Kit Paper Flowers on Water Color Moroccan Tile

Belajar itu bisa dari mana saja, termasuk dari rumah. Untuk memudahkan proses belajar, Paperukka dan FOYYA mengembangkan Do It Yourself atau DIY Kit yang bisa kamu kerjakan sendiri di rumah. Tema DIY Kit ini adalah “Paper Flower on Moroccan Tile“. Melalui DIY Kit ini, kita dapat belajar melukis menggunakan cat air dan bagaimana merangkai bunga kertas diatas lukisan cat air tanpa harus repot-repot membeli perlengkapan yang kita butuhkan satu per satu. Apa saja isi kitnya?

Jadi kitnya super lengkap ya. Ibaratnya, kita tidak perlu menyiapkan apapun lagi saat kita mau mengerjakan kit ini. KelasHobi hanya meyiapkan tissue dan air saja. Untuk tissue, bisa diganti dengan kain juga, tidak masalah. Fungsinya hanya untuk mengelap air yang tumpah atau jika ada kelebihan air pada kuas. Kit terdiri dari: kertas khusus cat air yang sudah ada sketsa, kuas cat air no 3, 1 warna cat air merk Winsor & Newton, penghapus, lem uhu, 1 set bunga kertas yang super realistis dan cantik, wadah air keramik, serta pigura model 3D. Selain itu, terdapat kartu ucapan dan kartu yang berisi QR Code yang dapat discan untuk mengakses tutorial cara merangkai kit. QR Code ini dapat kamu scan melalui smartphone apa saja.

Nah, jika kamu belum pernah melukis menggunakan cat air, KelasHobi sarankan untuk berlatih dulu sedikit di kertas putih biasa untuk melemaskan tangan dan mengenal pigment cat air yang kamu miliki. Ini penting ya agar saat melukis cat air diatas sketsa, kita sudah mendapatkan tone warna yang kita inginkan. Jika pigment warna yang kita campur terlalu sedikit, hasil warnanya juga akan menjadi sangat tipis dan transparan. Setelah mendapatkan tone campuran warna yang diinginkan, kamu bisa test warnanya langsung di bagian belakang kertas cat air, apakah sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa tunggu hasil test warna hingga kering dulu agar terlihat warna akhirnya. Jika masih kurang gelap, bisa ditambahkan kembali pigmentnya, sebaliknya, jika warna yang dihasilkan terlalu gelap, bisa ditambahkan air kembali.

Selanjutnya tinggal mengaplikasikan cat air mengikuti pola yang sudah ada pada kertas sketsa. Untuk langkah-langkah lengkapnya semua ada di tutorial. Prosesnya lumayan simpel, hanya membutuhkan konsentrasi ekstra karena garis pola sangat halus dan detail. Sangat disarankan untuk mencari waktu yang cukup luang agar tidak terburu-buru saat mengerjakan. Setelah selesai mewarnai pola, kita tunggu dulu catnya agar kering sempurna. Jika sudah kering, kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu menempelkan bunga kertas. Pada tutorial sudah ada susunan bunga kertas yang dapat diikuti, namun kita bisa juga menempelkan bunga sesuai dengan selera masing-masing. Langkah yang terakhir adalah merapihkan hasil karya akhir dan memasang lukisan pada pigura 3D.

DIY Kit ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mencoba kegiatan baru. Beraktivitas seni dapat meningkatkan kreativitas dan daya fokus. Mengulangi pola yang sama dan berulang-ulang juga dapat menjadi pelepas stress dan memiliki efek yang menenangkan. Jangan takut gagal atau jika hasilnya tidak sempurna, hasil akhir dari kit ini memang akan berbeda-beda untuk setiap orang, sesuai dengan sentuhan personal masing-masing. Ada beberapa warna Moroccan Tile dan tema bunga yang bisa kamu pilih. Siap untuk mencoba? Jangan lupa upload hasil karyamu dan tag KelasHobi ya.

Penulis: Jennifer

Teaser Instagram: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: