#Review KelasHobi: Book Binding Art Therapy by Sanggare & Atma Happiness

Book binding adalah sebuah teknik penjilidan buku oriental yang menggunakan benang dan jarum untuk menjahit semua bagian kertas menjadi sebuah buku. Sebenarnya teknik penjilidan saat ini ada berbagai macam. Ada yang masih menggunakan benang, ada juga yang menggunakan lem. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah teknik book binding oriental yang menggunakan benang dan jarum, serta sedikit teknik menjahit. Hasilnya super cantik dan proses pembuatannya juga mudah dipelajari. Kita tidak memerlukan alat yang mahal untuk membuatnya.

Kali ini KelasHobi berkesempatan untuk menjadi peserta dalam kelas workshop Book Binding bersama Atma Happiness dan Sanggare. Dalam kelas ini, peserta diajarkan untuk menemukan mindfulness selama proses book binding. Seluruh peserta mendapatkan kit lengkap yang akan digunakan untuk membuat buku. Dalam kit terdapat kertas, sampul buku, 2 jenis benang, 3 buah jarum, awl untuk membuat lubang, dan buku petunjuk kecil. Selain perlengkapan yang sudah disediakan, peserta juga harus menyiapkan penggaris, pensil, penjepit kertas, gunting dan kertas tambahan. Yang spesial dari kit ini, ilustrasi pada sampul buku dibuat handmade menggunakan teknik stamping sehingga menghasilkan pola yang unik.

Kelas dimulai dengan edukasi mengenai apa itu book binding dan bagaimana kita dapat merasakan perasaan mindfulness dalam proses book binding itu sendiri. Teknik book binding yang dipelajari dalam kelas ini adalah teknik jilid 4 lubang. Teknik ini berasal dari China, namun kemudian populer di berbagai negara Asia lainnya. Terdapat beberapa langkah utama dalam proses book binding, yaitu proses mengukur kertas, membuat lubang pada sampul buku dan isi kertas, serta proses menjahit buku. Butuh kehati-hatian ekstra dalam proses melubangi dan menjahit buku. Disini peran pengajar sangat penting, karena walaupun terlihat mudah, namun terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dengan seksama agar hasil jahitan bukunya menjadi bagus.

Dalam proses penjilidan buku, peserta diajarkan untuk meningkatkan fokus dan ketelitian. Semua proses belajar melalui Google Meets direkam dan rekamannya dibagikan kepada peserta agar peserta dapat menonton ulang proses penjilidan buku. Jadi ikut kelas ini, tools kitnya bisa digunakan berulang kali, dan video pembuatannya bisa ditonton berulang kali juga. Seru banget untuk menambah wawasan saat kita #dirumahaja. Jangan lupa follow @Sanggare dan @Atma.Happiness untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai kelas-kelas mereka. See you soon di kelas lainnya!!

Featured Image: Chris Barbalis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: