#Review KelasHobi: Hand Knitting Technique with Chunky Loopy Yarn Wool by Emji Handcraft

Musim hujan segera tiba nih, tak terasa 2020 hanya tersisa 3 bulan lagi. Mendung-mendung dan hujan tipis-tipis sudah mulai turun. Agak tumben juga sih karena tahun-tahun lalu, musim hujan malah mundur ke bulan Oktober atau November. Kalau lagi hujan atau mendung, paling enak selimutan, atau minimal meluk yang empuk-empuk. Jadi pengen bisa bikin selimut wool hand knit kece kekinian kaya di foto ini, lumayan untuk nemenin pas lagi hujan. Ternyata bikinnya ngga susah, cuma pakai teknik dasar hand knitting dan hasilnya langsung jadi. Mirip knitting pada umumnya, hanya saja menggunakan tangan bukan jarum. Jadi tanpa tools sama sekali, hanya tangan kita dan benang wool besar yang biasa disebut juga dengan nama loopy yarn atau chunky yarn.

Karena beli benangnya lumayan modal alias mahal, pengennya sekali bikin langsung jadi, ngga pakai salah-salah. Jadi KelasHobi ikut di kelas online bareng Emji Handcraft yang diadakan oleh Konstelar Workshop. Untuk ikut kelas ini sebenarnya bisa pilih dengan atau tanpa kit, tapi biar aman kita pilih yang dengan kit agar tidak keliru. Karena waktu workshop yang terbatas hanya 2 jam, maka produk yang dibuat bukan selimut, melainkan seatpad. Namun teknik, bentuk, bahan dan cara pembuatannya sama persis. Hanya kalau selimut, karena lebih besar, tentunya juga membutuhkan waktu pembuatan yang lebih panjang dan bahan yang bekali-kali lipat lebih banyak.

Kelas online kali ini menggunakan aplikasi ZOOM, karena butuh banyak interaksi antara pengajar dan peserta. Sehari atau dua hari sebelum kelas dimulai, pengajar akan mengirimkan video perkenalan dan tutorial yang bisa kita coba dulu agar setidaknya kita paham apa yang akan kita pelajari dan lakukan. Bahan dan alat yang dibutuhkan hanya benang saja. Kita bisa menyiapkan gunting jika ingin membagi bahan menjadi dua bagian, namun KelasHobi memutuskan untuk membuat seat pad besar dan menggunakan semua bahan hingga habis, jadi tidak butuh gunting sebenarnya. Simpel banget kan. Panjang benang yang didapat sekitar 40 meter dengan berat 250 gram. Seat pad KelasHobi selesai dalam waktu hanya 1 jam lebih. Namun sekali lagi, proses belajar setiap orang berbeda-beda. Berikut foto jalannya workshop.

Jika dihitung-hitung, lumayan mahal juga modal bahan untuk membuat selimut. 1 gulung bahan loopy yarn yang dijual oleh Emji Handcraft dapat membuat hingga 2 seatpad ukuran sedang atau 1 seat pad ukuran kecil. Sehingga kalau untuk membuat selimut single dewasa, membutuhkan sekitar 10 hingga 15 gulung. Untuk estimasi waktu dengan asumsi kita sudah lancar merajut, artinya kira-kira membutuhkan waktu 10 jam atau kurang. Tapi, membuat sendiri selimut hand knit tetap lebih murah jika dibandingkan dengan membeli selimut sejenis yang sudah jadi. Untuk jenis bahan sebenarnya ada dua macam di pasaran, lokal dan import. Untuk yang include dalam kit di kelas ini merupakan bahan lokal yang bukan 100% wool. Kamu bisa juga membeli bahan import atau yang 100% wool, namun tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Shoppee.com

Selain selimut, kita juga bisa berkreasi untuk membuat alas foto, alas tatakan foto bayi, syal, dan lainnya. Jika ada bahan yang tersisa, bisa juga kita manfaatkan untuk membuat kerajinan weaving yang juga lagi populer. Tertarik untuk mencoba? Jangan lupa follow akun instagram Emji Handcraft (@emji.handcraft) dan Konstelar Workshop (@konstelar.workshop) untuk jadwal selanjutnya ya. See you next review!!

Featured Image: Jess Bailey, Engin Akyurt, Brittney Weng, Les Triconautes

Teaser Instagram: Stephanie Surianto

Penulis: Jennifer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: