#Review KelasHobi: Memulai Teknik Menyulam dengan Reverie Creative Studio

“Every artist was first an amateur”

Ralph Waldo Emerson

Jangan pernah takut memulai hal baru, tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dari awal. Semua pasti pernah merasakan momen pertama kali. Pertama kali belajar berjalan, pertama kali belajar naik sepeda, pertama kali belajar naik motor. Namun seiring dengan waktu, makin sedikit hal yang baru yang kita pelajari. Kapan terakhir kalinya kamu melakukan sesuatu untuk pertama kali?

Belajar itu tidak harus melulu serius, banyak juga topik belajar yang santai, gampang dilakukan, dan tidak membutuhkan banyak waktu atau investasi. Salah satu skill berguna yang cukup mudah untuk dipelajari secara cepat adalah menyulam. Pasti banyak dari kita yang sering melihat hasil karya sulaman yang unyu-unyu banget. Hasil sulaman juga bisa diaplikasikan ke berbagai benda yang kita gunakan sehari-hari, misalnya masker kain, hijab, pakaian, dan sebagainya. Sulaman buatan tangan dapat membuat barang kesayangan kita menjadi lebih indah, lebih unik dan personal.

Semua sulaman indah dimulai dengan sebuah tusukan jarum dan benang. Sesederhana itu saja sebenarnya. Jadi tanpa banyak ribet, KelasHobi memutuskan untuk ikut kegiatan menyulam bersama yang diadakan oleh Reverie Creative Studio. Kegiatan ini dilakukan menggunakan aplikasi ZOOM agar kita semua tetap bisa berkreasi dari rumah. Kit yang dibutuhkan sudah disediakan oleh pengajar, jadi tinggal tunggu kit sampai dirumah. Bahkan di acara kemarin, jika peserta sudah memiliki kit sendiri, dapat mengikutin kegiatan menyulam bersama tanpa membeli kit. Agar belajarnya seragam, pola sulaman sudah ditentukan sebelumnya, yaitu beruang super imut.

Proses belajar dimulai dengan menyalin gambar pola keatas kain linen yang akan disulam. Lalu dilanjutkan dengan pemutaran video dan penjelasan mengenai cara membuat teknik sulaman dasar. Dua teknik sulaman yang akan dipakai saat menyulam si beruang lucu adalah backstitch dan satin. Tidak banyak kesulitan yang dialami oleh peserta selama kegiatan menyulam. Selain karena polanya juga dibuat sedemikian rupa agar bisa diikuti semua orang, penjelasan Kak Annisa dari Reverie Art juga mudah dipahami. Dalam waktu 2 jam, semua peserta sudah hampir menyelesaikan sulaman masing-masing.

Selain kelas menyulam, Reverie juga menjual berbagai macam DIY Art Kit yang bisa kita beli untuk belajar sendiri dirumah. Tidak ada salahnya mencoba hal baru, follow @reveriecreativestudio.id di Instagram untuk melihat galeri produk yang ada. Minggu depan KelasHobi mau bahas kelas yang super menarik, yaitu kelas musik online untuk balita. Stay tune yaaa.

Teaser Instagram: Stephanie Surianto

Featured Image: Nashim Keshmiri, Ifrah Akhter, Evonne Yuwen Teoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: