#Review KelasHobi: Ajak Anak Belajar Musik Online di Orffie Friends

“All kids need is a little help, a little hope, and somebody who believes in them.

Magic Johnson

Musik adalah bagian yang penting dalam hidup kita. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari belajar musik. Makanya sedari usia sekolah, kita juga selalu dibekali dengan jadwal pelajaran kesenian dan musik. Semakin modern perkembangan jaman, semakin maju juga pemahaman kita akan manfaat dari belajar musik. Ternyata mengenalkan alunan lagu sedari dini kepada buah hati itu sangat penting. Beberapa ahli bahkan menyarankan ibu hamil untuk sering-sering mendengarkan musik klasik agar janin dalam kandungan dapat ikut terstimulasi.

Photo by Paige Cody

Setelah sang anak lahir ke dunia, biasanya para orang tua secara otomatis akan mengenalkan berbagai macam lagu pengantar tidur kepada anaknya. Beranjak usia balita, anak akan dikenalkan dengan berbagai macam lagu anak-anak yang menyenangkan. Hal ini sangat baik bagi perkembangan kreativitas dan emosional anak. Belajar bermusik juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan daya ingat otaknya. Namun cara mengajarkan anak belajar musik juga tidak boleh sembarangan. Banyak juga orang tua yang merasa kesulitan mengajarkan anaknya bermain musik, karena kurangnya pengetahuan atau kemampuan orang tua dalam bermusik.

Photo by Jelleke Vanooteghem

Solusinya adalah dengan memasukkan anak ke dalam institusi pendidikan musik. Pertanyaan paling umum yang muncul selanjutnya adalah pada usia berapa idealnya anak mulai belajar musik secara lebih intensif? Ternyata mengenalkan anak dengan pendidikan musik pada usia dini memiliki banyak manfaat tambahan. Salah satu manfaat jika anak dikenalkan pada pendidikan musik di usia dini adalah anak dapat menjadi pemain musik yang lebih alami. Anak mulai dapat diajak mendaftar ke kelas musik mulai dari usia 3 tahun. Menghadapi era new normal, Orffie Friends ikut berinovasi dan menyediakan pilihan kelas musik online bagi anak balita. Orffie Friends sendiri merupakan sekolah musik yang berpusat di Malaysia dan ingin melebarkan sayap di Indonesia. Orffie Friends Indonesia didirikan oleh Bpk. Gunawan Buntaran & Ms. Sunny. Follow IG mereka di @Orffiefriends.

Photo by Jelleke Vanooteghem

Kelas musik Orffie menggunakan platform ZOOM sebagai media pengajaran. Karena ini merupakan kelas online, peserta dapat mengikuti kelas dari mana saja. Saat review ini ditulis, baru terdapat 1 batch kelas online di Indonesia. Kelas ini dikhususkan untuk kategori anak usia 3 sampai 5 tahun dengan fokus utama pada pengenalan musik secara dasar. Kelas berlangsung selama 6 bulan untuk setiap termnya dengan jadwal belajar 1x seminggu, setiap kelas berdurasi sekitar 30 menit agar anak tidak merasa berat dan terbebani. Biaya belajar di batch pertama ini sangat murah yaitu IDR 200.000 per 4 pertemuan dan tidak ada ikatan komitmen harus mengikuti selama 6 bulan sekaligus. Karena founder dari Orffie sangat memahami bahwa anak tidak boleh tertekan saat belajar musik.

Di kelas ini peserta dapat bergabung kapan saja selama periode per term, sehingga tidak perlu menunggu pembukaan batch selanjutnya. Namun ada batas maksimal peserta untuk setiap batch. Setiap 6 bulan atau di akhir term, pengajar akan memberikan penilaian mengenai kemajuan belajar dari masing-masing anak. Tidak ada ujian atau evaluasi mendalam, karena fokus utamanya adalah untuk menumbuhkan keingintahuan dan minat anak pada musik. Orffie Friends menggunakan metode Schulwerk yang diperkenalkan oleh Carl Orff, seorang musisi asal Jerman sesaat setelah perang dunia ke 2. Metode ini menggabungkan banyak elemen dasar dalam hidup seorang anak untuk membantu anak belajar musik, seperti gerakan, syair, kegiatan sehari-hari dan kegiatan bermain. Anak akan diajarkan bernyanyi sambil berpura-pura sedang belanja ke pasar, menari, atau bahkan bersepeda. Seru juga belajar musik secara online. Nextnya kita bakal bahas belajar main ukulele di kelas online!!

Featured Image by Alireza Attari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: