#Review KelasHobi: Belajar 3 Kunci Dasar Ukulele di Kelas Online

Masih dengan tema musik dan review kelas musik di minggu ini. Pandemi membuat kita harus tetap berinovasi untuk menjaga kreativitas. Salah satunya adalah mengubah cara belajar kita. Dulu mungkin sulit membayangkan bagaimana rasanya harus belajar online untuk materi-materi yang mengandalkan banyak indera seperti bermusik. Kita membutuhkan mata untuk melihat catatan not, merasakan tekanan pada senar, dan mendengarkan instruksi sekaligus alunan nada. Namun sekarang kita dipaksa untuk bisa mengatasi semua itu dengan belajar online. Karena jika harus menunggu hingga pandemi berakhir, entah sudah berapa lama waktu yang terbuang.

Photo by Joints Creative

Saat ini, ukulele termasuk salah satu alat musik yang paling digemari oleh masyarakat. Selain karena harganya terjangkau dan ukurannya yang kecil, cara memainkannya pun tergolong cukup mudah dipelajari. Banyak pilihan lagu yang bisa dinyanyikan dengan menggunakan ukulele. Sebelum era pandemi ini, KelasHobi sudah pernah mengikuti secara langsung dan membuat ulasan mengenai kelas ukulele yang diadakan oleh Kak Graz, pendiri komunitas Ukuiki, follow IGnya di @ukuiki. Kamu bisa baca ulasannya disini. Di kelas tatap muka langsung atau kelas online, Kak Graz menyediakan ukulele yang dapat kita pinjam untuk belajar bersama. Jadi kita bisa menjajal dulu bagaimana rasanya memegang ukulele, memainkannya dan apakah kita menyukai instrumen tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

Photos by Johannes Weber

Sayangnya hal tersebut tidak mungkin dilakukan dalam kelas online. Di kelas online ini, peserta sudah harus memiliki atau minimal meminjam ukulele sebelum mengikuti kelas. Namun tentu ada banyak keunggulan lain yang bisa kamu nikmati jika berpartisipasi dalam kelas online. Beberapa keunggulannya adalah, kamu bisa belajar dari rumah, biaya kelas yang lebih murah, dan tidak ada pembatas jarak antara peserta dengan pengajar. Peserta dapat mengikuti kelas dari mana saja, bahkan dari luar negeri sekalipun. Kelas ukulele online ini diadakan menggunakan platform ZOOM dengan durasi sekitar 1 jam per sesi. Apa saja yang dipelajari?

Beberapa hari sebelum kelas dimulai, peserta akan dikumpulkan melalui grup whatsapp. Di dalam grup ini, peserta akan diberikan bimbingan pendahuluan dari Kak Graz, seperti pengenalan apa itu ukulele, ada berapa senar ukulele, jenis-jenis ukulele, bagaimana cara mengatur senar dan tuning (setting) nada dasar hingga lagu dan kunci nada yang akan dipelajari saat kelas ZOOM. Ada dua pilihan kelas online yang KelasHobi ikuti, yaitu kelas beginner atau kelas dasar dan kelas intermediate atau kelas lanjutan menengah. Di kelas beginner, peserta akan belajar bagaimana cara memainkan 3 jenis kunci ukulele, yaitu kunci C, kunci G dan kunci F. Ketiga kunci ini nantinya akan digunakan untuk memainkan dua macam lagu, yaitu You are My Sunshine dan Burung Hantu. Nah lagu yang dipelajari ini bisa berubah ya tergantung pengajar. Jadi belum tentu sama setiap kelas.

Kesulitan utama saat belajar dengan cara tatap muka langsung ataupun online ternyata sama saja. Tidak ada perbedaan berarti dalam proses belajarnya. Setiap peserta sama-sama diberikan perhatian dan kesempatan untuk berdiskusi. Namun untuk dapat benar-benar mahir memainkan kedua lagu beginner tersebut, peserta tidak cukup hanya mengikuti kelas satu kali saja. Melainkan harus mengikuti dua hingga tiga kelas agar jari dapat lebih terbiasa memegang senar dengan total 2-3 jam waktu belajar dalam kelas, sesuai dengan durasi saat belajar langsung secara offline. Untuk saat ini, Kak Graz juga menerima kelas private dan group via online, jadi feel free untuk bertanya mengenai mekanismenya. Sudah dapat bayangan mengenai kelasnya? Jangan lupa cek IG @kelashobi jika kamu penasaran mengenai jenis-jenis ukulele dan apa bedanya antara ukulele dengan kentrung. Minggu depan KelasHobi akan membahas review kelas produk DIY dari essential oil. Stay tune ya.

Featured Image: Alexandra Tran

Instagram Teaser: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: