#Review KelasHobi: Belajar Digital Drawing Bareng SketchyMo dan Moseloapp

Menggambar atau membuat ilustrasi secara digital sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Membuat ilustrasi secara digital pun tidak melulu hanya menggunakan laptop ataupun pc, melainkan dapat menggunakan smartphone dan tablet. Saat ini, banyak sekali orang yang sudah memiliki ponsel canggih dan menggunakannya untuk berbagai macam kegiatan. Aplikasi-aplikasi yang menunjang kegiatan kita juga sudah banyak tersedia dan mudah dipelajari. Untuk membuat ilustrasi menggunakan ponsel pintar atau tablet, kita harus mengunduh beberapa aplikasi terlebih dahulu, dan tentunya mempersiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti pen stylus untuk memudahkan kita dalam menggambar detail. Hasil ilustrasi yang sudah dibuat, dapat digunakan sebagai pengisi motif dari berbagai macam produk kreatif, seperti gordyn, sprei, poster, tas, masker, sarung bantal, kaos, note book, apron, dll. Seru banget kan bisa membuat berbagai macam produk dengan motif buatan kita sendiri.

Ada dua macam aplikasi yang cukup sering digunakan dalam membuat ilustrasi digital, yaitu Medibang dan Procreate. Medibang dapat diakses dan diunduh menggunakan ponsel ataupun tablet berbasis android, sedangkan Procreate merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pengguna ponsel atau tablet berbasis iOS. Jadi apapun merk gadget kamu, pasti tetap bisa membuat ilustrasi digital. Untuk membuat ilustrasi digital menggunakan kedua aplikasi tersebut tidak rumit, namun kita tetap harus mempelajari dan menguasai fitur-fitur yang ada pada masing-masing aplikasi. Daripada bingung sendirian, kita bisa mengikuti kelas pelatihan online yang materi belajarnya pasti lebih mudah untuk dipelajari dan memberikan kita akses langsung untuk bertanya pada pengajar. Kelas yang KelasHobi ikuti kali ini adalah kelas online yang diadakan oleh Moseloapps berkolaborasi dengan SketchyMo.

Di dalam kelas ini, peserta akan belajar membuat ilustrasi digital dan menuangkannya menjadi seamless pattern yang motif akhirnya bisa diterapkan (diprint) di berbagai media seperti pouch, totebag, scarf, dan masih banyak lagi. Peserta harus memilih antara dua kelas yang tersedia, kelas Medibang atau Procreate. Sebelum mengikuti kelas, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, yaitu menyiapkan semua alatnya (gadget dan pen stylus), mengunduh aplikasi yang dibutuhkan dan login terlebih dahulu, membaca materi pdf yang sudah diberikan, dan memiliki sedikit pemahaman mengenai elemen-elemen dasar dalam desain. Untuk mengikuti kelas ini, peserta tidak perlu bisa menggambar. Peserta yang sama sekali belum pernah membuat ilustrasi digital juga dapat mengikuti kelas, karena kelasnya memang ditujukan untuk peserta dasar. Namun, akan jauh lebih efektif dan efisien jika peserta mau mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas. Kelas ini akan dipandu melalui ZOOM oleh Kak Momo dari SketchyMo.

Peserta dapat mencoba terlebih dahulu aplikasi yang akan dipelajari sebelum kelas berlangsung. Selain itu, kami juga menyempatkan diri untuk sedikit mempelajari ilmu warna dan mencari beberapa inspirasi desain yang akan dibuat dalam kelas. Kami mengikuti kelas Medibang karena gadget yang kami gunakan berbasis android. Kelas dimulai dengan pengenalan pengajar, lalu langsung dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi Medibang. Dalam membuat ilustrasi digital ternyata banyak tahapan yang harus dipelajari, mulai dari memilih resolusi gambar (ukuran) yang ingin dibuat, membuat layer untuk setiap elemen ilustrasi, mengenali berbagai macam tipe brush dan pen dalam aplikasi, bagaimana cara menghapus layer, menduplikat gambar dan layer, hingga membuat koreksi atas kesalahan yang dilakukan. Kita juga belajar bagaimana cara mengisi warna pada latar belakang (background) dan mengisi warna pada gambar. Pengajar mempraktekan cara menggunakan aplikasi Medibang menggunakan 3 gadget sekaligus, yaitu pada ponsel android, tablet adroid, dan pc atau laptop, karena ternyata tampilan aplikasi Medibang sedikit berbeda di setiap jenis gadget. Berikut adalah salah satu proses menggambarnya Kak Momo.

Setelah selesai belajar membuat ilustrasi digital, pengajar akan maju ke materi berikutnya, yaitu bagaimana caranya membuat ilustrasi digital kita menjadi seamless pattern atau pola yang berulang. Nantinya pola ini yang akan diprint keatas produk yang kita inginkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat pola, seperti sebesar apa kita ingin mencetak hasil ilustrasi dan ketajaman gambar akhir yang kita inginkan. Sebelum membuat pola atau menyimpan hasil ilustrasi, penting sekali untuk menentukan terlebih dahulu apa yang ingin kita lakukan atas pola ini, tentunya butuh resolusi yang berbeda jika pola ingin dijadikan sprei dan pouch kecil. Selama kelas berlangsung, peserta dapat langsung bertanya jika ada hal yang membingungkan. Jadi tidak perlu menunggu kelas berakhir. Selain materi teori, Kak Momo juga memberikan video tutorial yang dapat ditonton oleh peserta. Proses belajar berlangsung lumayan smooth ya, terutama jika kita sebagai peserta mau mempelajari materi dan mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu. Satu peraturan khusus bagi kita semua yang ingin membuat ilustrasi digital, yaitu jangan pernah membuat duplikat atau plagiat dari hasil karya orang lain. Sebelah kiri adalah contoh pattern dari Kak Momo dan sebelah kanan adalah hasil karya ilustrator KelasHobi yang jadi peserta kemarin. Cakep kan.

Nah kalau kamu terinspirasi untuk mengikuti kelas atau workshop menarik lainnya jangan lupa follow @moseloapp di Instagram dan unduh aplikasinya di Appstore maupun Playstore. Hasil akhir produk kreatif kamu dapat kamu jual di Moselo, dengan bergabung sebagai Expert Moselo. Kamu juga bisa mendapatkan dan membeli berbagai macam produk kreatif buatan anak bangsa melalui aplikasi Moselo. Selain itu Moselo juga mengadakan beberapa workshop kreatif yang berkolaborasi dengan expert lokal. Untuk melihat hasil akhir dari ilustrasi SketchyMo dan desain unik lainnya dari Kak Momo, jangan lupa follow @sketchymo.id di Instagram. Kak Momo juga menjual produknya di Moselo. Yuk dukung hasil karya anak bangsa.

Featured Image by Balazs Ketyi

Instagram Teaser by Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: