Pembuka Tahun 2021, Selamat Datang di KelasHobi

Halo semuanya, selamat Tahun Baru 2021 dan selamat datang kembali di website KelasHobi. KelasHobi merupakan blog pribadi yang berfokus pada hobi (sesuai namanya), edukasi, dan hal kreatif lainnya. Untuk kamu yang beru pertama kali berkenalan dengan KelasHobi, halo dan selamat datang. Selain mengulas mengenai hobi dan edukasi, kami biasa juga menulis mengenai review alias ulasan mengenai workshop dan kelas kreatif, baik yang diadakan secara online maupun offline. KelasHobi berharap dengan adanya ulasan mengenai apa saja yang berlangsung dalam kelas atau workshop dapat menggugah dan menginspirasi orang lain untuk ikut belajar mengenai hal baru dan mengisi hari dengan hal yang positif. Selain itu, KelasHobi juga berharap di masa depan akan ada semakin banyak insan kreatif di Indonesia. KelasHobi percaya, bahwa pendidikan tidak hanya didapatkan dari dalam kelas-kelas sekolah formal saja, namun juga bisa didapatkan dari jalur edukasi informal seperti workshop, kursus, maupun kelas-kelas kreatif. Blog ini merupakan cara kami untuk turut berkontribusi dalam memajukan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan di Indonesia.

Photo: Debby Hudson

Definisi mengenai apa itu arti kata “hobi” sangat luas. Hampir semua kegiatan yang suka dilakukan oleh seseorang bisa disebut sebagai hobi. Hobi tidur, hobi makan, hobi belanja, dan berbagai macam lainnya, semua kegiatan tersebut bisa disebut sebagai hobi. Di KelasHobi, tentu kami tidak membahas mengenai kegiatan-kegiatan seperti itu. Disini, kami membahas mengenai kegiatan hobi yang memiliki unsur edukasi dan nilai tambah. Misalnya hobi berkebun, hobi merajut, hobi skincare, hobi menggambar dan berbagai macam hobi lainnya. Kenapa dimulai dengan hobi? Karena untuk mempelajari sesuatu yang baru itu biasanya susah. Butuh ketekunan dan ketetapan hati. Berbeda dengan sekolah formal yang memiliki sistem yang memaksa, kegiatan-kegiatan alternatif ini tidak memiliki unsur “paksaan”. Jika kita suka topiknya, kita pasti mau untuk mempelajarinya. Misalnya, bagi saya yang tidak menyukai olahraga sepeda, tentu saya tidak akan memaksakan untuk ikut belajar menaiki sepeda hanya karena hobi sepeda sedang populer.

Photo: Mika Baumeister

Lalu apa pentingnya memiliki hobi? Hobi adalah sebuah kegiatan pengisi waktu luang, wadah kita untuk menyalurkan dan mengembangkan minat serta mencoba hal-hal baru diluar rutinitas kita. Dengan memiliki hobi yang positif dan bermanfaat, kita dapat memperkaya pengalaman diri, mempertahankan ketajaman berpikir, mengasah otak dan kreatifitas, menambah ilmu pengetahuan, soft skill, bahkan dapat membuat kita menemukan passion hidup. Banyak juga orang yang menemukan passion hidupnya setelah melalui berbagai macam peristiwa dan mencoba berbagai hal yang baru. Kamu tidak akan pernah tahu apakah kamu suka melukis kalau kamu tidak pernah mencoba. Kamu tidak akan pernah tahu rasanya membuat gelas dan mangkok dari tanah liat jika kamu tidak pernah ikut kelas pottery. Atau jangan-jangan kamu dapat menemukan bakat tersembunyi dalam dirimu. Saya pernah memaksa seseorang untuk ikut bersama saya ke dalam kelas belajar bermain ukulele. Namun di akhir kelas, bukan saya yang jadi hobi bermain ukulele. Kini teman saya sudah dapat memainkan belasan lagu dan memainkan ukulelenya hampir setiap malam. Setelah menguasai skill baru, jangan lupa untuk membagikannya juga. Jika kita memiliki skill di bidang tertentu, kita bisa menjadi pengajar dan membagikan ilmu yang kita miliki.

Photo: Sarah Brown

Hobi juga bisa berubah dan bertambah. Dulu saya hobi membaca, sekarang saya hobi menulis. Tidak apa jika kamu sudah memiliki hobi yang kamu tekuni secara rutin. Tidak ada yang salah dengan mencoba hal yang benar-benar baru. Kapan terakhir kalinya kamu melakukan sesuatu untuk pertama kali? Yuk isi hari-harimu dengan lebih positif di tahun ini. Jangan jadikan keadaan menjadi penghalang. Jika kelas tatap muka langsung masih sulit dilakukan, mari kita berpartisipasi di kelas-kelas online maupun belajar otodidak melalui berbagai tutorial yang tersebar di internet. Jangan lupa untuk selalu semangat.

Cover Image by: Markus Winkler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: