#Review KelasHobi: DIY Cold Process Soap Art by Pure Neicer

Di jaman banyak virus begini, kita harus sering mandi dan cuci tangan. Ini bukan sekadar iklan tapi himbauan. Yang namanya mandi dan cuci tangan pasti pakai sabun, pengen juga dong kita pakai sabun yang bagus, handmade, wanginya semerbak dan bentuknya estetik seperti sabun kekinian jaman sekarang. Sabun yang bagus tidak akan membuat kulitmu kering walaupun kamu sering cuci tangan. Asiknya, sekarang kita bisa belajar membuat sabun sendiri. Wanginya bisa kita tentukan sendiri, bahkan apa kandungan di dalamnya pun bisa kita yang pilih. Sabun-sabun cantik ini bisa kita pakai sendiri ataupun kita jadikan kado. Dijadikan salah satu bahan pelengkap hampers juga bisa karena bentuknya yang estetik. Namun jangan sembarangan membuat sabun, karena dalam pembuatannya, kita akan menggunakan soda api atau NaOH yang tidak bisa sembarangan dipakai. Selain itu, proses pencampuran bahannya juga harus tepat agar kulitmu tidak iritasi.

Kali ini, KelasHobi berkesempatan untuk ikutan di kelas DIY Cold Processed Soap Bar yang diadakan oleh Konstelar Workshop dan Pure Neicer. Kelas diadakan melalui media whatsapp. Mekanisme kelasnya adalah self learning, semua materi belajar sudah dibagikan dan video tutorial juga tersedia untuk diikuti. Kelas ini tidak termasuk kit, sehingga peserta cukup fleksibel untuk memilih bahan sabun sendiri. Jika peserta tidak ingin repot, peserta dapat membeli kit dari pengajar. Secara keseluruhan, penyampaian materi dan video cukup jelas. Diskusi dengan pengajar dilakukan dalam grup whatsapp. Namun membuat sabun tidak semudah yang dibayangkan. Kulit juga rawan iritasi jika terkena soda api, sehingga sangat dianjurkan untuk memakai sarung tangan. Selain itu, bau soda api juga cukup menyengat, sehingga peserta harus menggunakan makser dan kaca mata.

Bahan utama yang digunakan untuk pembuatan sabun hari ini adalah minyak kelapa, minyak olive, minyak almond dan fragance oil yang wangi. Kit yang dapat dibeli oleh peserta terdiri dari mold atau cetakan sabun, soda api, fragrance oil, mica powder, zat aditif berupa karbon, larutan garam, minyak kelapa, minyak sawit atau almond dan minyak olive. Alat tambahan yang dibutuhkan berupa stick hand blender, timbangan digital, gelas takar, spatula, wadah tahan panas, sarung tangan, masker, kacamata, sendok, sumpit, tissue, air kemasan non mineral, dan sabun untuk mencuci tangan. Proses pembuatan sabun ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Nah ini dia hasil sabunnya. Sabun ini harus menjalani proses curing dulu selama 3 hingga 4 minggu sebelum akhirnya bisa digunakan. Setelah hari ketiga, sabun sudan bisa dilepas dari cetakan dan dipotong. Sabun harus disimpan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik selama proses curing. Setelah itu, peserta dapat mengukur pH sabun, jika sudah netral, sabun sudah dapat digunakan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba mmebuat sabun? Jangan lupa follow Konsterlar Workshop dan Pure Neicer (@pure.neicer) di Instagram untuk melihat produk dan inspirasi kelas lainnya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: