#ReviewKelasHobi: Belajar Fotografi Gratis dari Sony

Hello, Learners!

Hobi fotografi lagi menjamur nih, Learners. Terlebih karena saat ini harga kamera makin terjangkau dan ukurannya makin kecil. Nah, bagi Learners yang sedang mempelajari keterampilan fotografi menggunakan mirrorless camera, plus yang suka gratisan, kelashobi.com hendak berbagi review kursus gratis Kelas Sony Alpha, nih! Stay tune yuk, buat baca ulasannya!

Kelas Sony Alpha ini rutin diadakan oleh Sony Indonesia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Meski namanya Kelas Sony Alpha, kelasnya nggak hanya diperuntukkan buat pengguna Sony Alpha, kok. Learners yang menggunakan mirrorless camera jenis lain pun boleh ikut. Tapi memang, konsentrasi di dalam kelas menggunakan Sony Alpha beserta fitur-fiturnya.

Ada 3 Kelas Sony Alpha yang masing-masing diadakan di waktu berlainan dengan durasi @3 jam:

  1. Fundamental & Basic Photography: membahas pengenalan kamera dan dasar-dasar pemotretan.
  2. Beautiful Bokeh with f 1.8: membahas teknik memotret agar latar yang dihasilkan menjadi bokeh. Nggak hanya untuk pengguna lensa fix, Learners, kamu yang punya lensa kit bawaan pun boleh ikut.
  3. Street Photography & Framing Composition: kelas yang khusus membahas teknik fotografi untuk menangkap momen-momen candid dalam street photography beserta tips ‘n tricks-nya.

Bulan Maret kemarin kelashobi.com ikut serta di kelas Street Photography & Framing Composition di Sony Center Kelapa Gading, Jakarta. Idealnya, kita mengikuti ketiga kelas secara berurutan, terutama bagi Learners yang pemula. Namun, di awal sesi tetap dibahas singkat tentang dasar-dasar kamera (singkat banget tapinya, Learners, jadi disarankan bagi pemula untuk mulai dari kelas Fundamental & Basic Photography dulu ya). Oh ya, peserta kelasnyanya dibatasi, jadi enak banget untuk diskusi dan tanya-jawab selama sesi.

Sumber: mari-motret.blogspot.co.id

Nah, kelas Street Photography & Framing Composition yang kelashobi.com ikuti seru banget, Learners. Di sini, kita diajari konsep street photography (pastinya bukan pose di jalan lalu difoto ya! :D), segitiga fotografi yang perlu diperhatikan, beserta tips ‘n tricks yang bisa digunakan. kelashobi.com masih pemula di fotografi dan amazed banget lho melihat beberapa fitur bisa dikreasikan untuk menghasilkan foto yang oke banget dengan memperhatikan konsep Segitiga Exposure (aperture, shutter speed, dan ISO), cara untuk menerapkan panning dan zooming, konsep framing, pattern, dan sebagainya.

Beberapa pengetahuan dasar fotografi memang bisa dipelajari via internet, Learners. Tapi dengan ikut kelas, kita jadi bisa tahu bagaimana mempraktekkan teknik-teknik dan trik yang oke. Instruktur sesi di kelas kemarin adalah Product Specialist Sony, Mas Jeksen (IG: @jek.sen) yang penjelasannya oke dan ramah banget menjawab pertanyaan-pertanyaan kelashobi.com. Sebagai instruktur, pastinya Mas Jeksen punya pengalaman dan jam terbang yang tinggi di dunia fotografi. So, mesti gratisan bukan berarti kelasnya gitu-gitu aja, lho.

Mas Jeksen, Product Specialist Sony, memberikan penjelasan di kelas.

Terkait praktek lapangan, sayang sekali pada hari kelashobi.com mengikuti Kelas Sony Alpha, hujan deras mengguyur Jakarta sehingga jalan di depan Sony Center terendam genangan. Jadi, kami nggak bisa langsung praktek ke jalan di luar. Meski demikian, sesi diskusi yang diadakan di dalam juga gak kalah serunya, lho. Selama sesi, Mas Jeksen juga berpesan bahwa untuk beberapa keterampilan termasuk fotografi, latihan dan latihan itu memang kunci untuk mendapatkan kualitas hasil yang baik. Jadi jangan malas untuk berlatih setiap ada kesempatan, ya!

Nah, buat Learners yang penasaran dengan kelas ini, bisa ceki-ceki langsung ke website Kelas Sony Alpha yaa. Beberapa note dari kelashobi.com untuk mengikuti kelas ini:

  • Kelas Sony Alpha terbatas seat-nya, sistemnya first register first served. Registrasinya online ya, Learners. Langsung aja cuss ke sini atau masuk ke website Kelas Sony Alpha dan pilih “Daftar Sekarang”.
  • Kelas ini memang gratis, Learners. Tapi ada baiknya jika kamu betul-betul berkomitmen untuk datang ketika sudah mendaftar. Soalnya sayang kan kursinya bisa diberikan ke peserta lain yang pingin banget ikut di hari kamu ikut serta 😊
Wajah-wajah happy peserta yang super niat datang meski seharian hujan mengguyur Jakarta Utara.

Demikian #ReviewKelasHobi kali ini, semoga bermanfaat bagi para calon fotografer handal di luar sana ya. Berikut beberapa foto yang diambil kontributor kelashobi.com dengan mempraktekkan beberapa tips yang diajarkan (meski hasilnya belum sempurna, ternyata seru lho mempraktekkan konsep yang dipelajari):

Lokasi: Perpustakaan Nasional Indonesia, Jakarta

Learners suka coba kelas-kelas keterampilan lain dan ingin review-nya ditampilkan di kelashobi.com? Silakan post foto-foto kelas yang Learners ikuti di Instagram, tag @kelashobi dan gunakan hashtag #HelloKelasHobi yaa. Review yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk kami tampilkan di blog dan Instagram @kelashobi. Sampai ketemu di blog kelashobi.com lainnya!

Kontributor: Yolanda Wijayanti

One thought on “#ReviewKelasHobi: Belajar Fotografi Gratis dari Sony

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: