#Review Kelashobi: Membuat Mawar Cantik dengan Cold Porcelain Clay

Jakarta 14 November 2019

Membuat mawar yang super cantik dan detail banget dengan clay ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk belajar membuat mawar secantik dan sedetail ini dengan menggunakan cold porcelain clay hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja. Masa sih? Yuk simak review workshopnya KelasHobi. Kali ini kami berkunjung dan berkesempatan untuk meliput proses workshop yang diadakan oleh Gaku Kelas bersama dengan Hanaya Clay & Sugar Flowers.

Siapa, Dimana, Kapan

Instagram @gaku.kelas

Workshop kali ini diselenggarakan oleh Gaku Kelas dengan mengundang Kak Johan dari Hanaya Clay & Sugar Flowers sebagai pengajarnya. Gaku Kelas adalah salah satu penyelenggara workshop rutin di Jakarta, BSD, Surabaya hingga Bali. Workshop kemarin diadakan pada tanggal 10 November 2019 di CHEW by Red Bean, tepatnya di lantai LG Mall Central Park. Workshop diikuti oleh tujuh orang peserta. Langsung follow @gaku.kelas untuk cari tahu soal workshop lain yang mereka adakan dan @hanayaclayandsugarflowers untuk kamu yang penasaran sama cold porcelain clay.

Harga Workshop & Apa Saja yang Didapat

Untuk workshop ini, satu pesertanya dikenakan biaya IDR 600.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk seluruh bahan dan voucher makan senilai IDR 25.000 yang bisa kamu gunakan untuk membeli makanan di CHEW. Untuk durasi bealajarnya, kurang lebih selama 5 jam dan full praktek dari awal workshop. Bagian perkenalan hanya beberapa menit, cukup untuk memperkenalkan pengajar dan apa itu cold porcelain clay. Untuk sisa teorinya langsung dibahas sekalian praktek. Jadi pastinya banyak ilmu yang bisa kamu bawa pulang. Kamu bahkan bisa eksplorasi sendiri setelah pulang dari sini, karena dalam workshop, semua dasar penting mengenai pengolahan clay ini diajarkan dengan detail.

Hasil akhir berupa setangkai mawar porcelain clay buatan peserta sendiri dapat dibawa pulang. Peralatan yang disediakan sangat lengkap, mulai dari clay, pewarna (cat minyak, lem, cream pelicin, cetakan clay (cetakan kue), cetakan tekstur kelopak dan bunga, kawat untuk tangkai, kuas, hingga mesin penggiling manual.

Workshop dimulai dengan mencampurkan warna pada clay. Setelah warnanya tercampur, clay tersebut langsung digiling di alat penggilingan adonan, alat yang biasa digunakan untuk membuat adonan mie dan kue. Jika sudah didapatkan ketebalan yang diinginkan, peserta langsung diajari cara mencetak, memotong, dan membentuk masing-masing bagian dari bunga. Mulai dari daunnya hingga setiap kelopaknya. Setelah itu dilanjutkan dengan belajar menempelkan satu persatu bagian kelopak bunga dan daun ketangkainya hingga jadi setangkai bunga mawar. Tapi belum selesai, saat bunga mawar sudah terbentuk sempurna, proses selanjutnya adalah belajar mewarnai bunga hingga terlihat benar-benar natural dan seperti aslinya. Semua prosesnya didampingi oleh pengajar dan langsung dilakukan bersama-sama di meja workshop. Berikut hasil karya pesertanya langsung. Hampir semua peserta ini belum pernah mengolah clay sebelumnya. Jadi benar-benar belajar dari dasar.

Jangan takut sama durasi belajar yang lama, karena sebenarnya prosesnya cukup santai dan 5 jam itu sudah termasuk dengan waktu untuk makan siang 1 jam. Tidak ada peserta yang tertinggal dalam proses belajar, semuanya dipastikan dapat mengikuti dengan baik. Seru banget dan hasil akhirnya memuaskan. Untuk skill yang satu ini, KelasHobi sangat menganjurkan untuk dipelajari melalui workshop. Karena melalui workshop, proses yang aslinya sulit bisa menjadi mudah karena dibimbing dengan benar.

Kata Pengajarnya…

Kak Johan belajar membuat clay sampai ke negara orang, yaitu ke Vietnam, selama 1 bulan dan merupakan peraih juara pertama pada Int’l Cake Show Australia 2019. Tapi berkat Kak Johan dan Gaku Kelas, kamu tidak perlu jauh-jauh belajar ke Vietnam, cukup follow mereka dan tentunya follow KelasHobi di Instagram untuk tahu kapan jadwal workshop selanjutnya. Untuk workshop Hanaya Clay and Sugar Flowers selanjutnya akan diadakan di Muara Karang tanggal 16 November 2019 ini dengan biaya IDR 500.000 per orang sudah termasuk snack dan minum. Masih keburu untuk daftar kok. Ayo mulai belajar dan isi harimu dengan lebih positif.

Kontributor: Jennifer

Foto stock: Team KelasHobi

Instagram Teaser: Stephanie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: