#Review KelasHobi: Kelas Membuat Lip Balm dan Shampoo ala Bettybalm.id

Jakarta, 22 November 2019

Hai Hobiers, membuat shampoo dan lipbalm sendiri ternyata gampang, asal belajarnya langsung sama ahlinya. Kali ini KelasHobi berkesempatan untuk datang dan melihat langsung workshop untuk membuat lipbalm dan shampoo sendiri. Nah karena judulnya membuat sendiri, tentu peserta dapat membuat lipbalm dan shampoo yang sesuai dengan selera masing-masing. Misalnya mau lebih shampoonya lebih foamy atau mau lipbalmnya punya wangi tertentu, semuanya bisa diatur dan ditentukan sendiri. Yuk langsung kita lihat.

Siapa, Dimana, Kapan

Workshop kali ini diadakan oleh Kak Mimi dari Bettybalm.id dan Gaku Kelas. Workshopnya sendiri sebenarnya terdiri dari dua workshop yang terpisah. Yang pertama itu workshop membuat lip balm yang diadakan jam 1 hingga 2.30 siang. Yang kedua, workshop membuat shampoo yang diadakan jam 3 hingga 5 sore. Semua bertempat di tempat yang sama, yaitu di CHEW by Redbead. Jumlah peserta yang ikut kemarin itu 2 orang peserta untuk membuat lip balm dan 3 orang peserta untuk membuat shampoo. Jadi rasanya seperti belajar private. Benar-benar dibimbing satu per satu.

Harga Workshop & Apa Saja yang Didapat

Harga workshop untuk membuat lip balm adalah IDR 350.000 per orang atau IDR 325.000 per orang jika kamu mendaftar berdua. Untuk kelas membuat shampoo, per orang dikenakan IDR 565.000 atau IDR 550.000 jika kamu mendaftar berdua. Untuk peserta yang mengikuti masing-masing kelas ini, peserta akan diajari mengenal bahan-bahan yang akan digunakan, dimana membelinya, bagaimana sifat masing-masing bahan, cara dasar untuk membuat produknya, beberapa tips dan trik untuk mengembangkan produk sendiri, dan tentunya bagaimana cara menyimpan produk yang sudah jadi. Semua material disediakan dan masing-masing peserta akan mendapatkan voucher makanan IDR 25.000 yang dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman di CHEW.

Untuk pembuatan lip balm, masing-masing peserta diberi kesempatan untuk membuat 1 lip balm bening dan 1 lip balm berwarna. Proses membuat lip balm tidak terlalu sulit, namun ada beberapa tips yang sangat penting untuk diingat, contohnya adalah bagaimana cara membuat lip balm dengan tekstur yang tepat, tidak terlalu lunak dan cukup padat agar mudah diaplikasikan ke bibir. Selain itu peserta diajarkan untuk mengenal fungsi dari masing-masing essensial oil. Semua resep dan cara membuatnya dibagikan kepada para peserta dalam bentuk kertas panduan juga sehingga dapat dibawa pulang dan dipraktekkan sendiri di rumah.

Sedangkan pada pembuatan shampoo, masing-masing peserta diberikan sejumlah material dasar dan dapat membagi shampoo menjadi beberapa buah menggunakan cetakan silikon. Proses pembuatan shampoo lebih sulit dan rumit dibandingkan dengan pembuatan lip balm. Bahannya lebih banyak dan cara mencampurnya juga harus ekstra hati-hati. Walaupun kamu merasa jago DIY (do it yourself), jauh lebih efisien jika kamu belajar langsung dari ahlinya untuk menghidari banyaknya proses trial and error. Selain itu, shampoo yang gagal dapat membuat rambutmu terasa kurang oke saat digunakan.

Kata Pengajarnya…

Paling susah itu di proses coba-cobanya. Jadi sudah susah-susah membuat lip balm dan shampoo tapi ternyata gagal dan tidak bisa digunakan. Makanya walaupun terlihat mudah, tetapi sebenarnya cara belajar yang paling optimal tentu dengan mengikuti kelas atau workshop. Minimal kita bisa belajar cara dasarnya, setelah itu baru berkarya sendiri sesuai dengan selera kita. Hitung-hitung biaya workshopnya sebagai pengganti waktu dan bahan-bahan yang terbuang saat trial and error sendiri. Kak Mimi sendiri mengatakan bahwa bahkan dia sendiri membutuhkan waktu beberapa saat untuk trial and error hingga hasilnya bisa seperti sekarang. Bettybalm.id membuat dan menjual sabun, shampoo, dan personal care lainnya di instagram mereka. Selain itu, Bettybalm.id juga menyediakan workshop untuk membuat solid perfume, sabun, shampoo dan lip balm. Workshop lip care mereka selanjutnya ada di tanggal 7 dan 14 Desember 2019. Cek instagram mereka di @bettybalm.id. Untuk inspirasi kelas lainnya cek @gaku.kelas dan jangan lupa tag @kelashobi untuk kelas favorit kamu.

Kontributor: Jennifer

Foto Stock: Team KelasHobi

Instagram Teaser: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: