#Review KelasHobi: Belajar Ukulele Langsung Bisa dengan Ukuiki

Jakarta, 29 November 2019

Memangnya ada belajar alat musik yang pasti sehari langsung bisa? Ada dong, kenalan yuk sama yang namanya ukulele. Apa sih ukulele itu? Ukulele itu alat musik yang mirip sekali dengan gitar, tapi ukurannya kecil, terdiri dari 4 senar, ringan, dan lebih mudah dipelajari. Tapi dari segi suara, ukulele juga bisa terdengar merdu, asal kamu tahu cara memainkannya dengan benar. Ukulele pertama kali ditemukan di Hawaii pada tahun 1879, jadi ini sebenarnya bukan alat musik baru. Namun memang di Indonesia sedang populer karena mudah mempelajarinya. Yuk ikut KelasHobi review workshop belajar ukulele.

Siapa, Dimana, Kapan

Kelas belajar ukulele kali ini super spesial. Karena diajarkan langsung oleh pendiri dari komunitas ukulele di Jakarta, Komunitas Ukuiki (instagram: @ukuiki), yaitu Kak Graz. Bertempat di BLOOM Coffee & Eatery, workshop ini diadakan oleh Ilovecraft (Kak Stephanie) di hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 23 November 2019. Untuk durasi workshop, sekitar 2 jam, dari jam 11.00 hingga 13.00. Untuk peserta yang ikut kemarin ada 3 orang. Jadi seperti semi private class.

Harga Workshop & Apa Saja yang Didapat

Untuk workshop ukulele ini, setiap peserta wajib konfirmasi dan daftar sebelumnya ke Ilovecraft dan biayanya IDR 245.000 per orang. Workshopnya sendiri seperi biasa dimulai dengan sesi perkenalan dan teori, namun sesi ini hanya sebentar, yaitu kurang lebih 10 sampai 15 menit. Sisanya langsung digunakan untuk belajar. Masing-masing peserta dapat memilih sendiri ukulele yang akan digunakan untuk belajar. Ukulele dipinjamkan selama kelas berlangsung dan jika peserta ingin membeli ukulele agar dirumah dapat terus berlatih, bisa langsung memilih ukulele yang tersedia. Peserta juga akan mendapatkan beberapa kertas berisi nada-nada yang dapat dipelajari. Selama workshop kemarin, total ada 4 lagu yang dipelajari bersama-sama. Selain materi, Ilovecraft juga menyediakan snack dan minuman untuk peserta workshop.

Kelas kali ini dapat diikuti oleh semua orang, jadi peserta yang belum pernah pegang ukulele sekalipun dapat ikut belajar. Sebenarnya kelas ukulele ada beberapa tingkatan, tergantung dari tingkat kesulitan lagu yang dipelajari. Dalam kelas kali ini, peserta diajarkan beberapa variasi lagu, seperti bagaimana cara memetik senar untuk lagu dengan tempo cepat dan tempo lambat. Peserta juga diajarkan cara membaca partitur dasar. Di akhir kelas, semua peserta akan bersama-sama memainkan satu lagu utuh dari awal hingga akhir dengan Kak Graz. Jadi pulang dari workshop pastinya langsung bisa.

Kelas dibawa santai tapi serius, karena pesertanya tidak terlalu ramai, setiap peserta dibimbing secara langsung. Bagi peserta yang butuh bimbingan ekstra, Kak Graz selalu siap untuk mendampingi. Dan karena ini kelas musik, kelasnya dari awal seru dan tidak membosankan. Yang paling seru adalah ketika semua peserta dan Kak Graz memainkan ukulele bersama-sama. Seperti ada di konser musik. Lagu yang dimainkan diantaranya adalah You Are My Sunshine dan Can’t Help Falling In Love With You.

Kata Pengajarnya…

Kak Graz sudah menekuni ukulele sejak tahun 2015 akhir. Selain ukulele, Kak Graz juga dapat memainkan beberapa alat musik lain, seperti cello. Awalnya Kak Graz mendirikan Ukuiki sebagai wadah untuk tempat Kak Graz memamerkan dan menjual ukulele yang telah dilukis. Namun seiring berjalannya waktu, banyak permintaan untuk mengajar ukulele. Nah setelah belajar ukulele, peserta akan dimotivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya, dan untuk itu saat ini Ukuiki menjadi komunitas tempat Kak Graz terus membina pemain ukulele agar bisa saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Follow ya akun instagram Ukuiki (@ukuiki) dan akun Kak Graz (@grazsuwu) untuk info lebih lanjut. Kapan ada workshop lagi? Stay tune di @kelashobi dan @ilovecraftworkshops untuk jadwal selanjutnya yang akan diadakan di bulan Januari 2020. Kita tunggu ya kedatangan kamu.

Kontributor: Jennifer

Foto Stock: Team KelasHobi

Instagram Teaser: Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: