#Review KelasHobi: Belajar Crochet by Emji Craft

Kalau dengar hobi merajut, pastinya yang langsung muncul di pikiran adalah hobi yang identik dengan orang tua, oma-oma, padahal banyak produk lucu yang bisa kita ciptakan dari merajut. Untuk kata crochet sendiri bisa berarti merenda atau merajut. Crochet berbeda dengan knitting, dari segi alat maupun hasil akhir. Perbedaan yang paling umum biasanya, kalau knitting itu jarumnya 2, kalau crochet itu jarumnya 1. Teknik merajutnya juga berbeda, sehingga hasilnya pun berbeda. Biasanya hasil rajutan knitting lebih rapat dibandingkan hasil rajutan crochet.

KelasHobi penasaran sebenarnya sama hobi crochet, karena kalau di luar negeri, penggemar hobi ini sangat banyak. Kamu akan kagum melihat produk crochet yang cantik dan unyu banget. Produk hasil crochet juga beragam, mulai dari barang-barang kecil seperti coaster, pouch kecil, hingga aksesori lucu seperti paperclip. Jadi KelasHobi memutuskan untuk mendaftar menjadi peserta workshop crochet pada hari Minggu kemarin, tepatnya tanggal 16 Februari 2020. Workshop diadakan oleh Gaku Kelas dengan pengajar dari Emji Craft, yaitu Kak Maria. Kak Maria sudah menyukai crochet sejak kecil. Jadi banyak sekali variasi produk yang bisa dibuat oleh Kak Maria.

Peserta workshop kali ini ada dua peserta, beruntung banget KelasHobi ikut sesi ini karena workshopnya jadi berasa semi private. Biaya workshop adalah IDR 500.000 per peserta, sudah termasuk voucher makan IDR 25.000 di CHEW Central Park, 2 gulung benang, dan sebuah jarum nomor 5/6. Workshop diawali dengan perkenalan alat dan bahan. Kak Maria mengenalkan kami dengan lebih dari 4 macam benang dan 6 macam jarum. Produk yang kami buat untuk workshop kali ini adalah coaster alias alas gelas berbentuk kotak dengan motif hati di tengah. Durasi workshop sekitar 3,5 jam, dari pukul 10.30 hingga 14.00. Targetnya, semua peserta dapat menyelesaikan minimal 50% dari coaster tersebut, karena lebih nyaman mengerjakan crochet jika kita santai.

Kami belajar benar-benar dari dasar, mulai dari bagaimana cara memegang benang dan jarum, mengaitkan benang ke jarum, dan membuat beberapa teknik crochet. Total ada 5 teknik yang kami pelajari, yaitu cara memulai rajutan, membuat chain, double crochet, slip stich, dan mengganti warna benang. Secara keseluruhan, 5 teknik tersebut sudah mewakili semua teknik yang peserta butuhkan untuk membuat coaster dan produk-produk dasar lainnya. Sangat sulit bagi KelasHobi untuk dapat menguasai 5 teknik tersebut, karena ini adalah pertama kalinya KelasHobi memegang jarum crochet. Jadi membutuhkan hingga 1,5 jam sampai akhirnya KelasHobi dapat terbiasa memegang jarum dan melakukan chain serta double crochet.

Setelah tangan mulai terbiasa dengan teknik-teknik dasar crochet, melanjutkan membuat produk jadi jauh lebih mudah. Hingga akhir workshop, KelasHobi sudah dapat menyelesaikan lebih dari 50% coaster dan menguasai semua teknik yang diajarkan. Kalau menurut KelasHobi, akan jauh lebih hemat waktu jika kita belajar crochet dengan cara mengikuti workshop. Banyak tips dan trik yang akan lebih mudah dijelaskan jika peserta duduk bersama dengan pengajar. Walaupun masih belum sempurna, tapi KelasHobi yakin bisa membuat coaster kedua. Berikut langkah-langkah penyelesaian dan hasil coaster buatan KelasHobi.

Emji Craft

Kak Maria sebenarnya sudah menekuni hobi crochet sejak kecil. Namun baru sejak 2019 akhirnya Kak Maria memutuskan untuk lebih serius dalam bidang ini. Untuk memasarkan produknya, Kak Maria membuat brand Emji Craft. Kalau tertarik dengan produk rajutan handmade atau ingin tahu kapan workshop Emji berikutnya, kamu bisa follow instagram @emji.handcraft. Ada beragam produk yang tersedia, mulai dari Eco Pouch, macam-macam coaster, kalung, bantal, tas, dan banyak produk lainnya.

Selain produk yang lucu, masih banyak manfaat merajut, seperti melatih kesabaran, fokus, melatih koordinasi otak, dan melatih motorik halus. Yang KelasHobi paling sukai dari kegiatan crochet adalah efek “bengong” alias tidak memikirkan apa-apa. Jadi saat crochet, kadang kita seperti lagi melamun, dan ini lumayan membuat pikiran jadi lebih relax. Rasanya bisa lupa sesaat sama masalah dan tuntutan lain. Tak kenal maka tak sayang, coba dulu yuk hobi crochetnya, bagikan kepada kami pengalaman crochet kamu ya. Follow @gaku.kelas untuk jadwal workshop berikutnya dan follow @kelashobi untuk baca review workshop yang bikin penasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: