#Review KelasHobi: Floral Hoop Art Online Class by Flocrafted

Menjelang akhir tahun biasa ada dua hal yang dapat kita rayakan. Hari Ibu dan Natal. Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kehidupan, sebesar apa kita sudah berjuang sepanjang tahun ini. Jika kamu selalu berangan-angan untuk menambah kemampuan atau skill baru namun belum sempat, maka sekarang lah saatnya. Belum terlambat untuk mencoba berkreasi dan membuat karya yang cantik. Merangkai bunga tidak hanya dilakukan oleh para wanita. Banyak juga florist ternama dunia atau pengusaha bunga di Indonesia yang bergender laki-laki. Jadi semua bisa mencoba merangkai bunga. Usaha bunga juga sangat luas, mulai dari bunga untuk ucapan selamat, untuk orang terkasih, dekorasi acara, dekorasi rutin di kantor atau ruang usaha, hingga untuk saling menguatkan dikala dukacita.

Photo by Kaitlan Balsam

Jadi saat ini merupakan saat yang sangat tepat untuk mulai belajar merangkai bunga, karena selain akhir tahun yang penuh dengan perayaan, kita juga masih akan melalui banyak perayaan hingga pertengahan tahun 2021. Untuk akhir tahun ini, kamu bisa belajar membuat rangkaian bunga cantik yang dapat langsung kamu berikan untuk mama tersayang di hari Ibu. Jika kamu merayakan Natal, kamu bisa membuat dekorasi Natal sendiri dan memberikan hampers atau bingkisan akhir tahun menggunakan rangkaian bunga cantik yang kamu buat juga. Jadi latihanmu tidak sia-sia dan bisa langsung dimanfaatkan. Hitung-hitung mulai membangun portofolio.

Untuk belajar merangkai bunga, kamu bisa mulai dari produk kecil dan simpel. Contohnya floral hoop art. Kelas kali ini diadakan secara online oleh Konstelar Workshop dan Flocrafted. Karena tekniknya lumayan mudah dipelajari, kelas ini sangat ideal dipelajari secara online. Selain itu, kelas ini menggunakan bunga kering atau bunga yang diawetkan sehingga mudah dalam pengiriman kitnya. Bunga kering dan bunga yang diawetkan sangat memudahkan pemula untuk belajar merangkai bunga, karena mudah disimpan dan tidak rusak atau membusuk seiring waktu. Bunga kering relatif lebih mudah dibentuk karena tidak perlu takut merusak kelopak bunga. Desain yang bisa dibuat juga sama banyaknya dengan bunga segar. Kita juga dapat mengombinasi bunga kering dengan bunga segar maupun ornamen lainnya.

Pengajar sudah menyiapkan kit yang cukup lengkap untuk masing-masing peserta workshop. Peserta hanya tinggal menyiapkan diri dan beberapa perlengkapan tambahan lainnya seperti gunting, lem dan tisu. Kit berisi 1 paket bunga kering dan bunga yang diawetkan, 1 paket daun kering, hoop atau pemidangan sulam, kain tile/tule, tulisan dari kayu dan pita. Bunga diberikan banyak dan bermacam warna, peserta bisa mengombinasikan bunga sesuai dengan selera masing-masing. Jadi peserta juga bisa melatih kreativitas, tidak hanya mengikuti instruksi. Dijamin peserta dapat menjadi lebih artsy setelah mengikuti kelas. Jangan takut untuk mengeksplorasi potensi diri. Peserta juga dibimbing untuk saling menghargai desain masing-masing dan belajar untuk percaya diri menggunakan desain pilihannya.

Kelas diadakan melalui ZOOM setelah sebelumnya semua peserta dikumpulkan melalui grup whatsapp. Grup juga berfungsi sebagai sarana diskusi setelah kelas selesai. Sehingga peserta dapat lebih fleksibel dalam berlatih. Kelas dimulai dengan teori singkat mengenai cara mengeringkan dan mengawetkan bunga. Setelah itu, peserta akan dibimbing untuk membuat desain bunga kering sendiri. Kemudian pengajar akan mulai mencontohkan cara membuat dan merekatkan masing-masing bunga sambil menjelaskan berbagai macam alat dan bahan lain yang dapat dijadikan alternatif serta kekurangan dan kelebihan masing-masing bahan alternatif. Misalnya, hoop sulam sendiri dijual dalam berbagai macam ukuran, warna, dan dari berbagai macam bahan. Ada yang terbuat dari bambu, plastik, kayu, hingga akrilik. Begitu pula dengan kain yang dapat digunakan selain bahan tile. Masing-masing bahan memiliki perbedaan penampilan dan karakteristik. Informasi ini sangat berguna jika suatu saat peserta ingin memulai usaha sendiri. Jadi tidak perlu trial and error berulang kali.

Dalam kelas ZOOM berdurasi 2 jam, peserta dapat menyelesaikan karyanya masing-masing. Hasilnya sangat cantik dan tentunya rapi karena sudah dibimbing untuk menggunakan cara yang benar. Jangan salah, walaupun terlihat mudah, namun banyak kesulitan tersembunyi. Kalau menurut KelasHobi, masih lebih mudah membuat mini bouquet daripada floral hoop art, namun jika peserta membuat kesalahan pada floral hoop art, kesalahan tersebut masih bisa disembunyikan dan dibentuk lagi, sedangkan jika membuat mini bouquet, tidak ada ruang untuk memperbaiki jika sudah selesai. Untuk artikel review kelas mini bouquet oleh Flocrafted bisa lihat disini.

Bagaimana? Seru kan. Jangan lupa follow @flocrafted dan @konstelar.workshop untuk mengikuti kelas lainnya. See you next time di review kelas selanjutnya.

Teaser Instagram by Stephanie Surianto

Featured Image: etsy.com, prinku.com, frombritainwithlove.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: